Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Re-akreditasi RS Pendidikan, RSA UGM Lulus

Kompas.com - 14/10/2022, 08:47 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Rumah Sakit Akademik (RSA) UGM kembali melakukan akreditasi (re-akreditasi) dan lulus sebagai RS Pendidikan.

Pencapaian ini juga telah dicapai pada 2017 yakni Rumah Sakit Akademik UGM telah ditetapkan sebagai Rumah Sakit Pendidikan.

Kemudian dilakukan evaluasi dengan re-akreditasi pada 2022 ini. Hasilnya, RSA UGM dinyatakan lulus sebagai rumah sakit pendidikan.

Adapun tujuan dari penetapan standar RS Pendidikan itu yakni untuk meningkatkan mutu pelayanan di RSA UGM.

Baca juga: Seminar RSA UGM: Ini 7 Mitos dan Fakta Seputar Ibu Menyusui

Selain itu juga meningkatkan mutu pendidikan sesuai dengan standar pendidikan profesi kedokteran, dan meningkatkan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran.

Untuk acara re-akreditasi berlangsung secara hybrid yakni luring bagi tim akreditasi RSA UGM yang juga didampingi dari FK-KMK UGM dan daring bagi surveyor dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Dalam sambutannya Dr. dr. Darwito, SH., Sp.B(K) Onk., selaku Direktur Utama RSA UGM menyampaikan tentang kesiapan re-akreditasi Rumah Sakit Akademik UGM sebagai rumah sakit Pendidikan.

"Harapannya RSA UGM ke depannya semakin berdaya dan berguna untuk mencetak tenaga kesehatan dan berkiprah dalam pembangunan negeri," ujar dr. Darwito seperti dikutip dari laman RSA UGM, Selasa (11/10/2022).

Sedangkan sambutan perwakilan dari tim verifikasi lapangan oleh dr. Else Mutiara Sihotang, Sp.PK.

Ia menyampaikan bahwa re-akreditasi akan dilakukan telusur dokumen atau video yang dilakukan secara daring dan nanti akan terbagi dengan 5 standar.

Selanjutnya dilanjutkan dengan survey dokumen secara daring breakout room yang menjadi 5 standar diantaranya:

1. Standar I: Visi, Misi, dan Persyaratan

2. Standar II: Manajemen dan Akreditasi

3. Standar III: Sumber Daya Manusia untuk Program Pendidikan Klinik

4. Standar IV: Penunjang Pendidikan

5. Standar V: Perancangan dan Pelaksanaan Program Pendidikan Klinik yang Berkualitas

Baca juga: Perbedaan Anak Aktif dan Hiperaktif Menurut Dokter RSA UGM

Sedangkan diakhir kegiatan re-akreditasi ditutup dengan exit conference dan dinyatakan bahwa Rumah Sakit Akademik UGM lulus perpanjangan rumah sakit Pendidikan.

Tentu dengan melengkapi perbaikan-perbaikan yang telah disampaikan oleh surveyor maksimal 7 hari dikirimkan ke Kemenkes RI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com