Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UNJ Gelar Seminar Nasional " Prof. Conny R. Semiawan: Ibu Bangsa dan Pendidik Kharismatik"

Kompas.com - 10/10/2022, 19:07 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menyelenggarakan seminar nasional (Semnas) “Prof. Conny R. Semiawan: Ibu Bangsa dan Pendidik Kharismatik” (10/10/2022). Semnas yang dilaksanakan secara hibrid, digelar di Auditorium UNJ  dan melalui Zoom serta Live Streaming Yotube Edura TV UNJ.

Semnas ini menjadi sebuah upaya mendorong Prof. Conny R. Semiawan menjadi Pahlawan Nasional karena sumbangsihnya bagi dunia pendidikan Indonesia.

Pada acara ini juga nama Prof. Dr. Conny R. Semiawan diabadikan sebagai nama jalan utama masuk dan jalan lingkar dalam Kampus A UNJ melalui Rapat Pleno Khusus Senat UNJ yang diputuskan dalam Berita Acara Pertimbangan atau Persetujuan Nomor: B/226/UN39.22/TP.01.07/2022.

Seminar nasional UNJ ini dibagi menjadi 2 sesi dengan tema dan narasumber yang berbeda. Sesi pertama mengangkat tema “Prof. Dr. Conny R. Semiawan dari Pandangan Sejarahwan dan Ilmuwan”.

Sesi pertama menghadirkan narasumber Prof. Agus Mulyana (Guru Besar UPI dan Ketua Umum Masyarakat Sejarah Indonesia), Prof. Hafid Abbas (Guru Besar UNJ), dan Prof. Sunaryo Kartadinata (Duta Besar Republik Indonesia untuk Uzbekistan dan Republik Kyrgyzstan). Sesi ini dimoderatori oleh Asep Supena.

Sementara sesi kedua mengangkat tajuk “Prof. Dr. Conny R. Semiawan: Kiprahnya di Dunia Pendidikan” menghadirkan narasumber Prof. Arief Rahman (Guru Besar UNJ), dan Prof. Sylviana Murni (Ketua Badan Kerja Sama Parlemen DPD RI)” dengan moderator Sugiarto.

Pada seminar nasional ini, Purwo Susilo selaku Wakil Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta yang mewakili Gubernur DKI Jakarta mengatakan, Pemda DKI Jakarta sangat mengapresiasi acara ini.

Purwo Susilo mengungkapkan, Prof. Dr. Conny R. Semiawan, salah satu gagasan pemikirannya mengenai Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA) sangat berkontribusi besar pada dunia pendidikan Indonesia.

Baca juga: Seminar Unesa: Ini Peran dan Peluang Karier Belajar Bahasa Mandarin

 

"Kita semua mesti bangga memiliki tokoh yang membaktikan diri sebagai pendidik yang mendidik anak bangsa, yaitu Prof. Dr. Conny R. Semiawan. Semoga karya dan pemikiran Prof. Conny dapat terus menginspirasi kita semua, generasi kedepan dan pemimpin masa depan," ujar Purwo Susilo.

Dalam kesempatan sama, Rektor UNJ Prof. Komarudin dalam sambutan menegaskan, Prof. Conny merupakan Guru Bangsa dan Tokoh Pendidik Nasional yang pemikiran-pemikiran besarnya patut dan wajib diteladani serta lanjutkan.

"Prof. Dr. Conny R. Semiawan yang merupakan Rektor IKIP Jakarta/UNJ periode 1984 – 1992 telah menorehkan banyak legacy bagi dunia pendidikan nasional, bahkan telah menginspirasi bagi dunia," ujarnya.

"Menurut saya dan kita semua Prof. Conny sangat layak memperoleh penghargaan sebagai pahlawan nasional, sosok pahlawan perempuan yang telah banyak meninggalkan legacy penting pada dunia pendidikan," tambah Prof. Komarudin.

“Mari kita semua berdoa, agar kegiatan seminar nasional dan harapan menjadikan Prof. Conny sebagai Pahlawan Nasional membawa manfaat untuk kita semua dan memperoleh ridho Allah SWT. Aamiin," tutup Prof. Komarudin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com