Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

FSB 2023 Resmi Dibuka, Usung Tema “Bergerak Bersama Membangun Bangsa”

Kompas.com - 02/10/2022, 20:57 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Festival Sains dan Budaya (FSB) 2023 secara resmi dibuka pada Sabtu, 1 Oktober 2022. Kegiatan ini mempertemukan dua program besar tahunan yaitu Indonesian Science Project Olympiad (ISPO) dan Olimpiade Seni dan Bahasa Indonesia (OSEBI).

ISPO tahun ini akan memperlombakan 6 kategori yaitu: Lingkungan, Teknologi dan Robotika, Komputer, Fisika, Biologi, dan Kimia. Sedangkan OSEBI memperlombakan 6 kategori yaitu: Menyanyi Solo, Penampilan Puisi, Tari Kreasi Nusantara, Menulis Cerpen, Menulis Esai, dan Menulis Puisi.

FSB 2023 mengusung tema “Bergerak Bersama Membangun Bangsa”.

Perwakilan Eduversal Foundation Dwi Prajitno Wibowo menjelaskan salah satu tantangan nyata yang terjadi saat ini adalah situasi dan kondisi geopolitik dunia yang cenderung tidak stabil.

"Oleh karena itu kebutuhan akan generasi yang kokoh menjadi sangat penting. Yaitu generasi yang menatap masa depan cerah tanpa tercerabut dari akar budayanya. Generasi yang bergerak bersama, menyatukan visi dan misi demi membangun bangsa," tegas Dwi.

"Generasi yang tidak saja maju, berdaulat serta mempunyai daya kritis, inovatif, kreatif," imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, Dwi juga berharap FSB akan mampu melahirkan generasi penerus bangsa yang mampu memegang estafet perjuangan bangsa.

"Karena itu, menurut  pagelaran FSB tahun ini diharapkan semakin kokoh dalam membentuk kualitas sumber daya manusia Indonesia yang seimbang antara karakter dan kreativitas yang melahirkan solusi atas berbagai masalah yang dihadapi umat manusia khususnya masyarakat Indonesia," ujarnya.

"Keseimbangan ini dapat memberikan kekuatan bagi bangsa untuk menghadapi tantangan di masa depan," tambah Dwi.

Baca juga: 1.660 Siswa SD-SMA Ikut Festival Lomba Seni Siswa Nasional 2022

Generasi unggul yang dimaksud tidak hanya unggul secara akademik namun juga mempunyai sopan, santun, dan menjunjung tinggi nilai-nilai budaya dan identitas bangsa.

"Generasi muda bangsa yang semacam inilah yang akan mampu berprestasi dan membawa peradaban maju bagi bangsa Indonesia, terlebih di masa-masa krisis multidimensional seperti saat ini," pungkasnya.

Pembinaan talenta siswa

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com