Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Growth Center
Powered by Kompas Gramedia

Sebagai bagian dari KOMPAS GRAMEDIA, Growth Center adalah ekosistem solusi yang memfasilitasi pertumbuhan organisasi dan individu untuk menjadi versi terbaik dari diri mereka. Growth Center hadir untuk menjadi teman bertumbuh dalam mempercepat pertumbuhan dan transformasi melalui solusi sumber daya manusia berbasis teknologi yang teruji secara saintifik berdampak.

Kami meningkatkan pertumbuhan para individu melalui proses siklus yang berkelanjutan dari menemukan jati diri (discovery) hingga menyediakan pengembangan (development) yang diperlukan. Semua ini hadir dalam produk kami, Kognisi Discovery dan Kognisi Development untuk memfasilitasi individu untuk mengenal dirinya sendiri dan berkembang sesuai dengan keunikan (idiosyncrasy) mereka.

Silakan kunjungi situs kami www.growthcenter.id dan info kolaborasi lebih lanjut bisa kirim surel ke info@growthcenter.id.

 

Mendalami Ilustrasi 2D dan 3D Bersama #NFTuntukEdukasi

Kompas.com - 01/10/2022, 13:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

KOMPAS.com - Jika membahas tentang non-fungible token, pasti yang terlintas di pikiran Anda adalah karya seni, baik yang 2 dimensi (2D) atau 3 dimensi (3D).

Ya! Memang karya seni yang marak diperjualbelikan dalam bentuk NFT ini mayoritas adalah ilustrasi digital dengan gaya dimensi tersebut.

Tentu fenomena NFT ini menjadi angin segar bagi pegiat seni, khususnya ilustrator dan desainer grafis, yang selama ini mungkin kesulitan untuk memasarkan hasil karyanya kepada publik maupun global.

Hal ini juga membuka pintu baru bagi generasi muda yang ingin memperdalam ilmunya mengenai seni animasi 2D dan 3D di jenjang pendidikan.

Oleh sebab itu, Kogi NFT yang merupakan proyek gagasan Kognisi.id by Kompas Gramedia bersama Growth Center mengadakan “Creator’s Workshop: Illustrating Characters using Procreate” bersama Children's Book Illustrator Husna Aghniya pada 27 Agustus 2022 dan juga “Creator’s Workshop: Making 3D Characters for Beginners using Cinema 4D” bersama para 3D Generalist Alfan Khoirudin dan Cherry Meikal pada 28 Agustus 2022 lalu.

Bagi Anda yang masih belum familier dengan animasi 2D dan 3D, yuk simak penjelasan singkatnya terlebih dahulu ya! Animasi 2D merupakan gambar animasi yang diproses dengan cara konvensional, yang terdiri dari panjang dan lebar saja, yaitu dimensi vertikal (Y) dan dimensi horizontal (X), sehingga animasi atau gambar yang ditampilkan terlihat seperti lukisan pada umumnya dan tidak tampak nyata.

Contoh dari animasi 2D ini adalah kartun Mickey Mouse, Scooby Doo, Sponge Bob, dan masih banyak lagi.

Sedangkan animasi 3D yang dibuat menggunakan software komputer memiliki tambahan komponen volume dengan komposisi dimensi X, Y, dan Z, serta bayangan yang membuat suatu animasi terlihat nyata dan hidup seperti pada animasi-animasi film Pixar yaitu Frozen, Moana, Tangled, dan sebagainya.

Meskipun keduanya memiliki keunikan dan keindahannya masing-masing, sangat penting untuk mempelajari keduanya jika Anda ingin bergelut di bidang NFT ini.

Pasalnya, ada audiens yang memiliki selera konvensional dengan mengoleksi ilustrasi atau gambar 2D, ada pula audiens yang lebih suka dan menikmati animasi nyata 3D.

Baca juga: Tertarik Jadi Animator? Ini Jurusan Kuliah yang Cocok

Kemampuan ilustrasi baik yang bergaya 2D atau 3D sama-sama meningkatkan peluang karir bagi animator dan ilustrator. Apalagi di era teknologi digital seperti ini, kemampuan tersebut dapat digunakan untuk membuat karya NFT yang nilai jualnya bisa sangat tinggi.

Hal ini bisa terjadi karena mereka yang membeli NFT adalah orang-orang yang menghargai seni dan membelinya sebagai koleksi atau juga untuk dijual kembali kepada kolektor lain yang menawarkan harga lebih tinggi.

Acara Creators Workshop: Making 3D Characters for Beginners using Cinema 4D bersama 3D Generalist Alfan Khoirudin dan Cherry Meikal.Growth Center Acara Creators Workshop: Making 3D Characters for Beginners using Cinema 4D bersama 3D Generalist Alfan Khoirudin dan Cherry Meikal.

Pada kesempatan yang lalu, #NFTuntukEdukasi dalam rangkaian acara “Creator’s Workshop” yang diadakan di Distrik Seni Sarinah menghadirkan mentor profesional yang mengajarkan teknik dasar untuk membuat animasi 2D dan juga animasi 3D secara langsung kepada peserta yang ingin belajar untuk membuat animasi untuk nantinya bisa menjadi aset NFT.

Kedua sesi tersebut diisi dengan penuturan dari narasumber dan juga diskusi singkat. Selain itu, peserta diberikan waktu untuk langsung terjun dan belajar dengan arahan langsung dari para narasumber yang profesional di bidangnya.

Para peserta juga mendapatkan tips, trik, dan bimbingan yang pastinya akan sangat membantu proses mereka untuk menjadi animator NFT 2D dan juga 3D yang andal di dalam maupun di luar negeri.

Belajar Ilustrasi agar Hasilkan NFT sesuai Style Anda!

Walaupun belum berkesempatan mendapatkan coaching langsung dari profesional di workshop yang lalu, Anda bisa melihat tayangan ulangnya di kanal YouTube Kognisi.id (KognisiKG) dan mendengarkan ilmu-ilmu yang disampaikan para pembicara dan diskusi yang terjadi selama acara berlangsung.

Agar selanjutnya tidak ketinggalan lagi, jangan lupa ikuti media sosial Kogi NFT(@kogi_nft) ya! Belajar menjadi ilustrator sekarang, hasilkan aset NFT di masa depan. Sampai bertemu di workshop #NFTuntukEdukasi selanjutnya!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com