Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

25 Prospek Kerja Terbaik Jurusan Teknik Sipil dan Kisaran Gajinya

Kompas.com - 25/09/2022, 18:07 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jurusan kuliah Teknik Sipil menjadi salah satu jurusan favorit calon mahasiswa. Setiap tahun peminat Jurusan Teknik Sipil selalu membludak.

Jurusan Teknik Sipil ini banyak dipilih calon mahasiswa karena prospek kerjanya yang sangat luas dan kisaran gaji lulusan Teknik Sipil yang cukup tinggi.

Teknik sipil adalah bidang ilmu yang mempelajari perencanaan/perancangan, manufaktur, manajemen/pengelolaan, dan konservasi dari beragam fasilitas dan sistem untuk mendukung sebuah kota, pedesaan, dan perkotaan.

Seorang lulusan Teknik Sipil perlu menguasai ilmu terkait desain, konstruksi hingga pemeliharaan lingkungan. Melansir dari laman Universitas Bandar Lampung, Minggu (25/9/2022), berikut prospek kerja jurusan Teknik Sipil setelah lulus dan kisaran gajinya.

Baca juga: Prospek Kerja Lulusan Teknik Informatika dan Kisaran Gajinya

Prospek kerja jurusan Teknik Sipil dan kisaran gajinya

1. Geotechnical Engineer

Prospek kerja Jurusan Teknik Sipil yang pertama adalah menjadi seorang Geotechnical engineer. Geotechnical engineer akan menggunakan mekanika batuan dan tanah untuk melakukan penyelidikan terhadap kondisi geologi bawah permukaan.

Investigasi tersebut digunakan dalam perancangan dan pembangunan fondasi untuk struktur, struktur tanah, dan juga perkerasan.

Sebagai seorang insinyur geoteknik kamu akan menangani bahaya dan risiko geoteknik yang berhubungan dalam setiap proyek teknik sipil. Kamu akan bertanggung jawab dalam menemukan solusi praktis untuk membuat proyek menjadi aman dan berkelanjutan.

2. Fire Engineer

Seorang fire engineer bertugas untuk memastikan bangunan dirancang agar bisa meminimalisir risiko dari kebakaran atau penyebaran api. Fire engineer bertugas merancang dan memberikan saran pada bangunan baru atau bangunan yang sedang direnovasi berkaitan dengan langkah-langkah keselamatan kebakaran.

3. CAD Technician

CAD Technician juga menjadi salah satu prospek kerja lulusan Teknik Sipil. CAD Technician sangat penting bagi dunia Teknik Sipil terutama dalam membuat desain, produk, dan suatu sistem.

Pekerjaan ini akan menggunakan perangkat lunak di industri untuk menyiapkan desain struktural dari suatu konstruksi. Sebagai seorang CAD Technician, kamu bisa bekerja di industri desain arsitek hingga industri manufaktur seperti pakaian, suku cadang, otomotif, elektronik, alat berat, dan masih banyak lagi.

4. Structural Engineer

Structural Engineer berfokus pada kerangka struktur dan merancang struktur tersebut untuk menahan tekanan dan pengaruh lingkungannya agar tetap aman, stabil, dan terjamin selama penggunaannya.

Structural engineer memastikan bangunan tidak rusak, roboh, dan menjaga lingkungan yang dibuat tahan lama, baik secara estetika dan ekonomis.

5. Transportation Engineer

Prospek kerja Teknik Sipil selanjutnya adalah menjadi seorang Transportation engineer. Profesi ini berfokus pada perancangan sistem dan infrastruktur transportasi baru termasuk jalan raya, bandara, kereta api, jembatan, dan masih banyak lagi.

Di samping itu, kamu juga akan meningkatkan sistem transportasi untuk menjadikan arus lalu lintas menjadi lebih aman dan efisien.

Baca juga: Jurusan Antropologi: Mata Kuliah, Prospek Kerja dan Kampus Pilihannya

6. Rail System Engineer

Rail system engineer atau dikenal juga dengan insinyur sistem kereta api bertugas untuk memberikan pengetahuan keahlian teknis pada proyek dan sistem kereta api.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com