Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gandeng AMSI dan FKUI, Danone Indonesia Gelar Edukasi Kesehatan "Cyber Media Forum"

Kompas.com - 24/09/2022, 09:21 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Dengan menggandeng Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK UI) dan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), Danone Indonesia menggelar program edukasi kesehatan publik “Potret dan Tantangan Kesehatan Masyarakat Menjelang Endemi Covid-19”.

Program edukasi publik yang berlangsung secara virtual pada 21 September 2022 ini merupakan bagian dari “Cyber Media Forum” untuk peningkatan kompetensi dan membangun ruang berbagi media online dalam menghasilkan hasil karya jurnalistik dalam isu kesehatan.

Acara ini dihadiri 40 media nasional dan lokal dengan pembicara dari berbagai multidisiplin yakni:

  • Drg. Widyawati (Direktur Promosi Kesehatan Kemenkes)
  • Dr. Nurul Ratna (Ketua Dep. Ilmu Gizi FKUI),
  • Dr. CSP Wekadigunawan (Pengurus Pusat IAKMI)
  • Uyung Pramudiarja (Redaktur Pelaksana Detik Health)

Acara dibuka oleh Sekretaris Jendral AMSI, Wahyu Dyatmika dan Corporate Communications Director Danone Indonesia, Arif Mujahidin.

Sekjen Asosiasi Media Siber Indonesia, Wahyu Dyatmika mengatakan, di tengah situasi kesehatan nasional yang masih menjadi tantangan tersendiri bagi publik dan pemerintah, maka insan pers perlu menjalankan perannya sebagai sumber penyedia informasi.

Sebegai sumber penyedia informasi, lanjut Wahyu, media diharapkan dapat mengangkat berita tentang isu kesehatan yang terverifikasi dari sumber-sumber kredibel, sehingga dapat menjadi rujukan bagi publik agar mereka mampu menyikapi informasi dengan tepat sasaran.

Dalam kesempatan sama, Arif Mujahidin Corporate Communication Director Danone Indonesia menjelaskan, pertumbuhan informasi di digital yang begitu cepat merupakan tantangan yang harus mampu diimbangi oleh media dengan tetap memegang prinsip informasi yang akurat, faktual, dan akuntabel.

Baca juga: Pyridam Farma Hadirkan Kompetisi Mahasiswa Bidang Digitalisasi Kesehatan

"Selain dari tujuan kami terhadap peningkatan jurnalis, kami juga berkomitmen untuk mendukung pemerintah dalam mengedukasi masyarakat akan isu kesehatan dan nutrisi melalui jurnalis sebagai key opinion leader dalam menyebarkan informasi kepada masyarakat," ujarnya.

"Sebagaimana misi kami yakni membawa kesehatan ke sebanyak mungkin orang, kami terus berkomitmen untuk membawa kesehatan ke banyak masyarakat tidak hanya melalui operasional bisnis kami namun juga upaya edukasi yang dilakukan untuk publik," tambah Arif.

Pandemi Covid membuka kesadaran 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com