Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Memperkenalkan Diri Saat Wawancara Kerja bagi Fresh Graduate

Kompas.com - 21/09/2022, 15:34 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat melakukan wawancara kerja, langkah awal yang harus dilakukan lulusan baru atau fresh graduate adalah memperkenalkan diri kepada perekrut.

Agar perekrut tertarik dengan cerita kamu, tentu fresh graduate harus menyampaikan hal-hal penting saat memperkenalkan diri.

Lantas, bagaimana cara fresh graduate mendeskripsikan diri ketika wawancara, dan apa saja yang perlu dan tidak perlu disampaikan?

Melansir dari laman Jobsreet, membagikan tips memperkenalkan diri saat wawancara kerja bagi fresh graduate.

Baca juga: 7 Persiapan Sebelum Ikut Psikotes, Fresh Graduate Wajib Tahu

Dengan persiapan yang matang, saat wawancara kerja, fresh graduate akan lebih siap saat memperkenalkan diri dan menjawab pertanyaan dari perekrut. Yuk simak tipsnya.

Cara memperkenalkan diri saat wawancara kerja

Setidaknya ada 3 cara memperkenalkan diri saat wawancara kerja yang bisa digunakan oleh fresh graduate.

1. Sebutkan almamater, khususnya bidang studi

Cara memperkenalkan diri saat wawancara kerja yang pertama adalah menyebutkan program studi, lulusan, fakultas dan kampus tempat kuliah. Meski sebenarnya informasi ini bisa diketahui perekrut dari CV yang telah dikirim.

Namun awal perkenalan dengan menyebutkan lulusan fakultas sudah menjadi standar. Kamu juga bisa tambahkan alasan mengapa kamu memilih fakultas tersebut dan apa saja yang sudah dipelajari di kampus dan berhubungan dengan deskripsi kerja posisi yang dilamar. 

Baca juga: Cek 10 Jurusan S2 Paling Dibutuhkan hingga Tahun 2026

2. Sebutkan pencapaian atau pengalaman di perkuliahan

Sebagai fresh graduate yang masih minim dengan pengalaman kerja, bukan berarti tidak ada hal yang bisa ditonjolkan saat sesi wawancara kerja.

Kamu bisa menceritakan tentang kegiatan yang kamu ikuti selama kuliah, pencapaian atau prestasi yang berhasil dicapai saat kuliah.

Jika kamu punya pengalaman magang bisa menjadi nilai plus. Apalagi jika magang di bidang pekerjaan sama dengan jurusan kampus dan posisi yang dilamar. Perekrut akan menganggap kamu punya gambaran deskripsi kerja walaupun hanya sedikit yang masih diketahui.

Baca juga: 6 Prospek Kerja dan Kisaran Gaji Lulusan Jurusan Bahasa Asing

3. Akhiri perkenalan diri dengan motivasi melamar pekerjaan

Sebelum menutup sesi perkenalan diri saat wawancara kerja, kamu bisa menceritakan motivasi melamar kerja. Meski hal ini tidak menjadi bagian dari perkenalan diri tapi tidak ada salahnya untuk ditambahkan sebagai penutup perkenalan diri kamu.

Kamu bisa sebutkan bahwa motivasi kamu melamar di posisi ini karena ingin belajar sekaligus berkontribusi. Kamu juga bisa menjelaskan kelebihan perusahaan yang kamu lamar dan hal apa yang menarik dari perusahaan tersebut.

Itulah cara memperkenalkan diri saat wawancara kerja yang perlu diketahui fresh graduate.

Baca juga: Tips Jawab Besaran Gaji yang Diinginkan Saat Wawancara Kerja

Perlu diingat, fresh graduate tidak perlu memperkenalkan diri dengan mengulang yang tertulis di CV. Atau menyebutkan hal-hal yang tidak penting, tidak relevan, dan tidak menambah nilai kamu sebagai pelamar kerja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com