Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Majukan Kualitas Pendidik Bahasa, Seaqil Gelar Governing Board Meeting Ke-13

Kompas.com - 21/09/2022, 10:21 WIB
Andia Christy,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selama hampir tiga tahun sampai sekarang, bidang edukasi memasuki situasi yang menantang akibat pandemi Covid-19. Namun, terdapat optimisme bahwa sekalipun tengah mengalami disrupsi, sistem pendidikan dapat menjadi lebih kuat dan inklusif.

Pada 2022 Indonesia mengepalai Presidensi G20, salah satu agenda dalam bidang pendidikan adalah memimpin gerakan global untuk mengatur ulang dan membangun sistem edukasi setelah pandemi.

Sejalan dengan semangat G20, Southeast Asian Ministers of Education Organization, Quality Improvement of Teachers and Education Personnel (SEAMEO QITEP) in Language (SEAQIL) menggelar Governing Board Meeting (GBM) Ke-13.

Baca juga: Tingkatkan Mutu Kebahasaan Siswa, SEAQIL Gagas Klub Literasi Sekolah

SEAQIL adalah pusat peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan di bawah organisasi regional antarpemerintah negara-negara Asia Tenggara, di mana Indonesia merupakan salah satu pendirinya.

Negara-negara yang tergabung sebagai anggota SEAQIL yakni Brunei Darussalam, Filipina, Indonesia, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand, Timor Leste, dan Vietnam.

Ketua Badan Nasional Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud Ristek, Prof. Aminuddin Aziz mengatakan, GBM dapat menjadi kesempatan bagi anggotanya supaya tidak hanya mendiskusikan program, pencapaian, dan rencana. Namun, juga mendiskusikan prioritas kebijakan pendidikan di negara-negara anggota senior.

“Sejalan dengan semangat kelompok kerja pendidikan G20, GBM harus menjadi forum untuk mendukung perkembangan kualitas pendidikan. Terutama untuk sistem yang lebih kuat di Asia Tenggara,” ujar Aminuddin pada acara daring Governing Board Meeting (GBM) Ke-13, Selasa (20/09/22).

Baca juga: Gen Z Kian Pintar Bahasa Inggris, Bagaimana Cara Orangtua Mengimbangi?

Prof. Aminuddin Aziz selaku Ketua Badan Nasional Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud Ristek ketika memberikan kata sambutan pada Governing Board Meeting (GBM) Ke-13, Selasa (20/09/22).KOMPAS.com/Andia Christy Prof. Aminuddin Aziz selaku Ketua Badan Nasional Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud Ristek ketika memberikan kata sambutan pada Governing Board Meeting (GBM) Ke-13, Selasa (20/09/22).

Aminuddin mengundang Kementrian Pendidikan di negara-negara yang tergabung dalam pertemuan untuk bergerak bersama dengan membagikan kebijakan untuk mentransoformasi pendidikan pascapandemi yang semakin kuat, adaptif, dan holistik. Hal itu ia nilai bisa menjamin tidak ada yang tertinggal.

Hasil akhirnya, ia menambahkan, dapat menjadi basis strategis untuk Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO) mempersiapkan programnya. Termasuk bagi yang tahan terhadap tantangan masa depan.

Lebih lanjut, Aminuddin berharap SEAMEO dapat berfungsi sebagai medium untuk mengekspresikan berbagai inspirasi dan wawasan baru tentang memajukan pendidikan bahasa.

Baca juga: Soal Rapor Pendidikan, Kemendikbud: Bukan untuk Bandingkan Sekolah atau Daerah

"Melalui sistem bahasa pendidikan yang lebih baik secara teoritis dan praktis mari lebih optimis bahwa siswa dapat lebih kompetitif, kreatif, kritis, dan penuh dinamika untuk memahami dan menghadapi isu global.

Aminuddin juga berterima kasih atas kehadiran pada peserta dan tamu GBM.

GBM adalah pertemuan tahunan yang diadakan untuk melaporkan kegiatan Centre kepada Dewan Pembina. Tahun ini diadakan pada 20-21 September 2022 dengan serangkaian agenda yang telah dipersiapkan.

Centre mengharapkan persetujuan Dewan Pembina atas anggaran, program, dan hal-hal lain yang terkait dengan operasional dan aktivitas Centre.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com