Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Universitas Malikussaleh: Jurusan, Jalur Masuk dan Biaya Kuliah

Kompas.com - 19/09/2022, 15:16 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Satu lagi perguruan tinggi negeri (PTN) yang ada di Aceh yakni Universitas Malikussaleh (Unimal).

Calon mahasiswa yang berdomisili di Aceh dan provinsi di sekitarnya tentu ingin mencari lebih banyak mengenai Unimal.

Dalam pemeringkatan UniRank 2022, Unimal masuk menjadi salah satu universitas terbaik di Indonesia. Unimal berhasil bertengger di peringkat 119 nasional.

Universitas Malikussaleh berada di berada di Jalan Cot Tengku Nie, Reuleut,Muara Batu, Aceh Utara, Aceh. Rektor Universitas Malikussaleh saat ini adalah Prof. Dr. H.Herman Fithra.

Kampus Unimal tersebar di beberapa lokasi yakni Kampus Utama Reuleuet, Kampus Bukit Indah, Kampus Cunda, Kampus Lancang Garam dan Kampus Akper Sigli

Kompas.com rangkumkan profil Universitas Malikussaleh, sejarah singkat, fakultas dan program studi, jalur masuk dan biaya kuliahnya.

Baca juga: Profil SMA Kolese De Britto: SMA Swasta Terbaik di DIY, Siswa Bisa Gondrong

Melansir dari laman resmi Unimal, berikut sejarah, jurusan, jalur masuk dan biaya kuliah di Unimal. Calon mahasiswa, yuk simak informasinya...

Sejarah Unimal

Universitas Malikussaleh didirikan dengan mengambil nama besar Raja Kerajaan Samudera Pasai pertama, yang dilandasi pada semangat estafet kepemimpinan dan pembangunan yang telah diletakkannya melalui sifat kepeloporan, kedinamisan, serta patriotismenya Sultan Malikussaleh.

Sebagai cikal bakal Universitas Malikussaleh bermula dari menjelmanya Akademi Ilmu Agama jurusan Syariah yang didirikan dengan Surat Keputusan Bupati/Kepala Daerah Tingkat II Aceh Utara Nomor: 01/TH/1969 tanggal 12 Juni 1969, pada masa Bupati Drs. Tgk. Abdul Wahab Dahlawy.

Seiring berjalannya waktu, Universitas Malikussaleh telah memenuhi persyaratan untuk menjadi perguruan tinggi negeri sesuai dengan ketentuan yang berlaku Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi dan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor: 234/U/2000 tentang Pedoman Pendirian Perguruan Tinggi.

Proses beralihnya status Unimal menjadi perguruan tinggi negeri, tidak lepas dari peran KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur ketika menjadi Presiden Republik Indonesia. 

Puncak dari upaya yang maksimal untuk meningkatkan status Universitas Malikussaleh yakni ketika Presiden Megawati Soekarno Putri mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 95 Tahun 2001, tanggal 1 Agustus 2001 mengenai Penegerian Universitas Malikussaleh.

Presiden Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri meresmikan Pendirian Universitas Malikussaleh sebagai Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Bagi Masyarakat Aceh pada Sabtu 8 September 2001.

Baca juga: Profil SMA Ignatius Global School, SMA Swasta Terbaik di Palembang

Jurusan di Unimal

Unimal menyediakan pendidikan untuk jenjang Sarjana dan Pascasarjana. Berikut informasi fakultas dan program studi di Unimal:

1. Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com