Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar beasiswa S2 di ASEAN, Beri Biaya Kuliah hingga Tunjangan Hidup

Kompas.com - 09/09/2022, 20:21 WIB
Angela Siallagan,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang S2, masih tersedia banyak peluang beasiswa yang kamu ikuti. Mulai dari beasiswa di dalam dan luar negeri yang tersebar luas ke berbagai negara di penjuru dunia.

Negara ASEAN memberikan banyak program beasiswa penuh bagi pelajar internasional yang berminat melanjutkan pendidikan. Mereka membantu generasi penerus bangsa untuk mewujudkan impian dan cita-citanya.

Di negara ASEAN sendiri terdapat banyak deretan universitas terbaik dan berkualitas.

Perlu diketahui bahwa anggota ASEAN selain Indonesia, terdiri dari negara Malaysia, Singapura, Thailand, Filiphina, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar dan Kamboja.

Dirangkum dari Instagram Kursus Bahasa Inggris untuk Study Abroad @titiknolenglish, ada enam rekomendasi beasiswa S2 di negara ASEAN untuk tahun ajaran 2023.

Baca juga: Mahasiswa Gap Year, Ini 3 Rekomendasi Beasiswa Luar Negeri

Beasiswa S2 di Negara ASEAN

Berikut beasiswa S2 ASEAN yang bisa dikejar oleh pelajar Indonesia:

1. Malaysia International Scholarship (MIS), Malaysia

Negara yang diberi julukan Negeri Jiran dan Land of Indigenous Malay (Tanah Melayu Adat) ini menyediakan program beasiswa bagi pelajar internasional. Program beasiswa tersebut didanai oleh Pemerintah Malaysia yang ingin melanjutkan studi S2 di berbagai universitas di Malaysia.

Sasaran beasiswa MIS yakni kandidat-kandidat berprestasi dan berbakat yang tidak saja memiliki catatan prestasi akademik, tetapi juga latar belakang keterampilan. Beasiswa ini terbuka bagi calon mahasiswa di berbagai negara, termasuk di kawasan ASEAN, salah satunya Indonesia.

Manfaat yang didapat:

Tiket pesawat keberangkatan, biaya kuliah, tunjangan hidup, tunjangan buku, biaya penelitian, dan asuransi kesehatan.

Persyaratan umum:

Harus memiliki IPK S1 3,00, skor TOEFL PBT 550/ILETS 6, dan telah memilik Letter of Acceptance (LoA) yang merupakan surat pernyataan dari universitas bahwa pendaftar beasiswa sudah diterima di universitas tersebut.

Sebagai informasi tambahan, semua apliaksi pendaftaran dilakukan secara daring melalui situs di website Departemen Pendidikan Tinggi Malaysia di bit.ly/kampusMIS. Bieasanya periode pendaftaran beasiswa S2 ini dibuka bulan Mei hingga Juni.

Untuk informasi lengkap bisa dibaca di laman www.mohe.gov.my

Baca juga: Cek 3 Program Beasiswa Luar Negeri Tanpa Syarat LoA, Tertarik Daftar?

2. Her Majesty the Queen's Scholarships, Thailand

Banyak cara yang dilakukan oleh pemerintah negara Thailand untuk menarik minat mahasiswa luar melanjutkan studi ke negaranya.

Negara dengan julukan The Land of Smiles atau Negara Penuh Senyuman ini memberikan peluang beasiswa bagi mahasiswa Asia yang berminat menimba ilmu S2. Salah satu program beasiswa yang ditawarkan yakni His Majesty the King’s Scholarships.

Peserta yang dipilih yakni mereka yang ingin mendapatkan beasiswa S2 penuh dari lulusan sarjana berprestasi, yang ingin meraih gelar master di bidang yang terkait lingkungan di School of Environment, Resources and Development (SERD) di Asian Institute of Technology (AIT)

Manfaat yang didapat:

Beasiswa ini memberikan dana berupa pembebasan biaya pendaftaran, biaya kuliah, biaya hidup, dan akomodasi.

Persyaratan umum:

Calon mahasiwa harus memiliki skor IELTS 6,0/TOEFL 550, dengan IPK S1 minimal 3,00, memiliki dua surat rekomendasi, dan memenuhi persyaratan masuk program pascasarjana AIT.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com