Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Festival Indonesia Bertutur" Hari Kedua Hadirkan Tulus hingga Prehistoric Body Theater

Kompas.com - 09/09/2022, 19:08 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Festival Indonesia Bertutur hari kedua, Kamis (8/9/2022) turut menghadirkan Tulus yang mendapatkan sambutan meriah saat tampil di Anarta Panggung Lumbini, Magelang, Jawa Tengah. Tulus membawakan 10 karyanya.

Penyanyi kelahiran Bukittinggi, Sumatera Barat itu membuka penampilannya dengan lagu "Satu Kali" dari album terakhir yang bertajuk "Manusia". Suasana semakin hangat saat Tulus membawakan lagu dari dua album pertama yang melambungkan namanya, "Sepatu" dan "Sewindu".

Festival Indonesia Bertutur hari kedua ini digelar di kawasan percandian Borobudur ramai dihadiri para penonton dari kota dalam dan luar kota Magelang.

Rangkaian acara festival Indonesia Bertutur 2022 hari kedua, sudah berlangsung sejak siang hari, yang diawali dengan kegiatan temu seniman di Limanjawi Art House.

Dalam temu seniman ini, Umar Chusaeni, Yasumi Ishii, dan Utami Atasia Ishii berbicara tentang karya yang mereka pamerkan dalam Visaraloka Pameran Expanded Media, yang dipandu oleh Istifadah Nur Rahma sebagai moderator.

"Saya merasa senang sekali Limanjawi Art House dilibatkan dalam gelaran besar Indonesia Bertutur 2022. Ini dapat menjadi tumbuhnya ekosistem kesenian dan kebudayaan di Magelang. Seniman-seniman bebas berkarya di Limanjawi ini," ujar Umar Chusaeni.

Sore hari, di Virama Panggung Senja, penampilan Ardhito Pramono dan Peni Candra Rini ikut memanaskan para pengunjung.

Sambil menikmati kuliner lokal yang dijual oleh UMKM dari Magelang dan sekitarnya, para pengunjung terlihat menikmati penampilan duet Ardhito dan Peni membawakan lagu Wijayakusuma.

Sebanyak 40 UMKM yang telah dikurasi oleh Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM Kabupaten Magelang menjadi bagian Indonesia Bertutur. Penjualan tercatat di hari kedua festival mencapai lebih dari Rp 40.000.000 dengan ragam pangan dan kriya yang dijual mulai dari Rp 5.000.

Baca juga: ARTJOG 2022, Festival Indonesia Bertutur Hadirkan 20 Cagar Budaya

Penggemar film tari juga mendapat suguhan sajian film pendek dan film feature karya seniman mancanegara.

Program Layarambha menampilkan film berjudul "Anerca", "Breath of Life" karya Johannes dan Markku Lehmuskallio dari Finlandia. Pada sesi malam, film berjudul "Lucy" karya Er Gao dan "Touching the Skin of Eeriness" karya sutradara Jepang Ryusuke Hamaguchi diputar di Layarambha.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com