Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Unnes Inovasi Sendok Berbahan Sayuran

Kompas.com - 09/09/2022, 15:17 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) membuat inovasi sendok edible. Tentu, bahan yang digunakan sangat ramah lingkungan.

Yakni berbahan baku sayuran dan umbi-umbian. Sehingga sendok edible ini diklaim dapat mengurangi sampah alat makan plastik sekali pakai.

Adapun mahasiswa Unnes itu tergabung dalam Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM-K) tahun 2022. Ada beberapa mahasiswa yang menciptakan sendok tersebut.

Baca juga: Kepala Staf Kepresidenan Beri Pesan Ini bagi Maba Unnes

Mereka diketua oleh Ade Risna Puja Muslimah mahasiswa Jurusan Psikologi dengan anggota Tiara Azka Nadhifa, Muhammad Fa’iq, Novanda Krishadi Yudistira dan Afifa Ghina Athaya mahasiswa Jurusan Ilmu Gizi yang dibimbing oleh Laila Listiana Ulya, S.Psi., M.Psi.

Ketua tim Ade Risna Puja mengatakan, inovasi yang dibuatnya berawal dari keresahan sampah plastik yang semakin menumpuk di Indonesia.

Karena itulah, inovasi sendok edible sebagai salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan ini.

Produk yang diberi nama sendok.id ini diolah dengan bahan dasar tepung terigu dan ekstrak sayur dan umbi-umbian.

"Jadi sudah dipastikan aman untuk dimakan dan juga ramah lingkungan," ujar Ade Risna seperti dikutip dari laman Unnes, Kamis (8/9/2022).

Ia juga menambahkan, timnya mendapatkan pendanaan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Dikti).

Kini, sendok ramah lingkungan tersebut sudah mulai dijual secara bebas melalui sistem pre-order (PO) dan tersedia dalam dua varian rasa, yakni bayam dan ubi ungu.

Sementara itu, Rektor Unnes, Prof. Fathur Rokhman, mengapresiasi inovasi yang telah dilakukan Ade Risna Puja. Rektor mengatakan inovatif juga selaras dengan nilai konservasi yang dimiliki Unnes.

"Penggunaan sayuran dan umbi-umbian sebagai bahan sendok selain inovatif juga bernilai konservasi," jelasnya.

Baca juga: Mahasiswa UGM Inovasi Bantal Antibakteri, 100 Persen Bahan Alami

Prof. Fathur berharap inovasi yang digagas oleh Ade Risna Puja ini dapat menjadi contoh dan menjadi pendorong bagi mahasiswa Unnes lainnya.

Tentu agar saling berlomba dalam menciptakan berbagai gagasan dan inovasi yang baru atau belum pernah ada.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com