Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Negara dengan Harga Terjangkau untuk Kuliah Kedokteran

Kompas.com - 06/09/2022, 20:41 WIB
Andia Christy,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemilihan universitas saja tidak cukup sebagai penentu perkuliahan. Mengingat biaya kuliah dan biaya hidup di negara tempat universitas berada juga penting untuk diketahui.

Ternyata, terdapat negara-negara yang memberikan harga terjangkau untuk menjalani studi di sana.

Khususnya, bila kamu tertarik belajar ilmu kedokteran yang dikenal sebagai salah satu studi dengan biaya termahal.

Dengan biaya kuliah dan biaya hidup yang terus meningkat, situs Top University telah menyusun daftar 5 negara paling terjangkau yang juga merupakan rumah bagi institusi kedokteran terbaik dunia. Simak pembahasannya di bawah ini.

5 negara yang tawarkan harga terjangkau kuliah kedokteran

1. Munich (Jerman)

Munich berada di posisi ke-45 untuk keterjangkauan dalam peringkat QS Best Student Cities 2023, juga menempati peringkat kedua yang mengesankan secara keseluruhan.

Ibukota negara bagian Bavaria ini menawarkan harga yang lebih rendah dibandingkan dengan wilayah Eropa lainnya, bersama dengan peringkat tinggi yang konsisten mengenai kualitas hidup, infrastruktur yang hebat, dan transportasi yang efisien.

Tidak ada biaya kuliah yang dibebankan untuk mahasiswa sarjana di universitas negeri Jerman, terlepas dari kebangsaannya.

Baca juga: Biaya Kuliah S1-S2 di Kampus Top Dunia: MIT, Stanford, Harvard

Meskipun demikian, siswa dapat mengharapkan untuk membayar biaya administrasi yang hanya berjumlah 300-400 euro atau sekitar Rp 4,4 juta sampai Rp 5,9 juta per semester.

Dalam hal pilihan universitas, Ludwig Maximilian University of Munich (LMU) adalah universitas kedokteran terbaik kedua di Jerman (bersama dengan 44 secara global menurut QS World University Rankings by Subject 2022).

Technical University of Munich (TUM) berada tidak jauh di belakang, peringkat bersama ke-59. Fakultas Kedokteran TUM bersama dengan rumah sakit universitas merupakan salah satu lokasi penelitian medis terkuat di Jerman.

Di Munich biaya sewa sekitar 1.378 euro atau sekitar Rp 20 juta per bulan untuk apartemen satu kamar tidur di pusat kota.

Selain biaya, Munich juga terkenal dengan kekayaan budayanya dengan atraksi seperti festival minum bir yang terkenal di dunia, Oktoberfest, dan English Garden sebagai salah satu taman kota terbesar di dunia.

2. Seoul (Korea Selatan)

Naik enam tempat tahun ini ke peringkat 51 untuk indikator keterjangkauan, Seoul adalah salah satu kota yang paling beragam budaya dan berkembang di Asia.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com