Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Banyak Dicari di Era Digital

Kompas.com - 06/09/2022, 15:27 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Banyak calon mahasiswa mencari jurusan kuliah yang gampang cari kerja setelah lulus. Lantas di era digital seperti sekarang, jurusan kuliah apa saja yang paling potensial untuk cepat dapat kerja?

Menurut World Economic Forum (WEF) dalam The Future of Jobs Report 2020 terdapat beberapa jurusan kuliah yang memiliki peluang besar di dunia digital hingga 2030 mendatang. Sebagian besar pekerjan tersebut cenderung didominasi pekerjaan yang berbasis internet.

Berdasarkan WEF, setidaknya ada empat profesi yang diprediksi populer di masa mendatang yakni Analis Data dan Ilmuwan, Spesialis Artificial Intelligence (AI), Spesialis Pemasaran dan Strategi Digital, serta Spesialis Transformasi Digital.

Baca juga: 5 Tips Lulus Kuliah Tepat Waktu ala Dosen UM Surabaya

10 jurusan kuliah yang gampang cari kerja di era digital

Melansir dari laman Universitas Multimedia Nusantara (UMN), ada 10 jurusan kuliah yang gampang cari kerja di era digital seperti sekarang ini. Yuk simak ulasan berikut ini:

1. Desain Komunikasi Visual (DKV)

Jurusan kuliah yang gampang cari kerja di era digital adalah Desain Komunikasi Visual (DKV). Jurusan DKV termasuk menjanjikan di era digital karena lulusannya dinilai mampu mengoperasikan berbagai software untuk menggambar dan desain di perangkat digital.

Selain itu, lulusannya juga dibutuhkan oleh segala jenis industri. Misalnya sebagai desainer, layouter, animator, web designer, dan lainnya. Di masa serba digital seperti sekarang ini, profesi-profesi tersebut sangat diperlukan banyak perusahaan.

2. Teknik Informatika

Jurusan Teknik Informatika selalu digadang-gadang menjadi salah satu jurusan yang paling banyak dicari saat ini dan di masa yang akan datang.

Karena mahasiswa jurusan Teknik Informatika bisa memahami dunia IT, yang berhubungan dengan pemrograman, pengembangan perangkat lunak, dan teknologi komputer jaringan.

Karena keunggulannya dan prospek kerja yang cerah menyebabkan peminat Teknik Informatika selalu meningkat dari tahun ke tahun.

Berbagai jenis pekerjaan membutuhkan lulusan dari teknik informatika, seperti programmer, software developer, web designer, system analyst, IT consultant, software engineer, database engineer, IT executive, network administrator, network support engineer, dan lain-lain.

Baca juga: 15 Jurusan Kuliah dengan Gaji Tinggi di Amerika

3. Matematika dan Statistika

Jurusan Matematika dan Statistika memang terkenal sulit. Namun di era digital seperti sekarang ini, jurusan Matematika dan Statiska sangat potensial gampang mendapat pekerjaan.

Menjadi seorang data analyst menjadi salah satu pekerjaan yang paling menjanjikan dari jurusan ini. Sehingga banyak yang menobatkan, data analyst menjadi pekerjaan terseksi di abad 21.

Selain menjadi data analyst, mahasiswa jurusan Matematika dan Statiska juga berpeluang untuk menjadi data scientist, system analyst, market researcher, dan lainnya.

4. Sistem Informasi

Satu lagi jurusan paling potensial gampang mendapat kerja di era digital adalah jurusan Sistem Informasi. Jika kamu memilih jurusan ini, kamu akan mempelajari sistem kerja perangkat lunak dan perangkat keras serta data.

Baca juga: Intip 7 Profesi yang Bisa Dipilih Lulusan Jurusan Psikologi

5. Teknik Industri

Di era industri 4.0, jurusan kuliah Teknik Industri juga semakin diminati juga. Prospek kerja jurusan ini yaitu bisa menjadi Product Manager, Data scientist, Market researcher, Bagian Operasional dan Logistik, dan lain sebagainya.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com