Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unpad Gelar Virtual Job Fair 2022 dan Pameran Beasiswa untuk Umum, Yuk Daftar

Kompas.com - 05/09/2022, 17:14 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Pusat Pengembangan Karier Universitas Padjadjaran (Unpad) bekerja sama dengan Jobs.id menggelar Unpad Virtual Job Fair 2022 yang berlangsung mulai hari ini, Senin (5/9/2022) dan berlangsung hingga 6 September 2022.

Melansir dari laman Unpad, sebanyak 4.992 peserta telah mengikuti kegiatan bursa kerja virtual yang menghadirkan lebih dari 10 mitra perusahaan yang membuka berbagai posisi pekerjaan itu.

Tak hanya berisi beragam kegiatan seperti pameran kerja, Unpad Virtual Job Fair 2022 juga menggelar potential mapping, pameran magang, tes seleksi kandidat, pameran beasiswa, hingga workshop yang diisi pembicara dari berbagai perusahaan ternama.

Baca juga: Mahasiswa Baru Unpad Pecahkan Rekor Muri Kreasi 65 Mosaik dari Nyiru

Sementara itu, proses seleksi kandidat sendiri dilakukan dengan cara rekrutmen CV, walk in interview, hingga penyelenggaraan psikotes.

Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan, Anwar Sanusi mengatakan bahwa digelarnya bursa kerja ini merupakan upaya mengatasi ketidaksinambungan tenaga kerja di Indonesia.

Ketidaksinambungan tersebut berupa ketidaksesuaian antara jenjang pendidikan dengan kebutuhan dunia kerja, serta bidang pendidikan yang tidak cocok dengan bidang pekerjaan.

“Mudah-mudahan job fair virtual ini dapat tersampaikan dengan baik berbagai informasi ketenagakerjaan dengan setepat-tepatnya, baik kepada pencari kerja, mahasiswa, alumni, maupun masyarakat umum,” ujarnya dalam pembukaan bursa kerja tersebut.

Sementara itu, Kepala Pusat Pengembangan Karier Unpad, Rosaria Mita Amalia mengatakan, bursa kerja ini digelar untuk mendorong peningkatan angka serapan lulusan perguruan tinggi, khususnya bagi lulusan Unpad.

Baca juga: Beasiswa S1 Oxford-Cambridge 2023 Dibuka, Kuliah Gratis-Biaya Hidup

Karena itu, bursa kerja ini bertujuan mempertemukan lulusan dengan dunia kerja dan dunia industri (DUDI) baik secara langsung ataupun menggunakan media daring.

“Kegiatan ini memungkinkan adanya interaksi langsung antara pencari kerja dan penyedia lapangan kerja,” ucap dosen yang akrab disapa Amel saat menyampaikan laporan di acara pembukaan, Senin (5/9/2022). dalam keterangan tertulis Unpad.

Kepala Produk dan Marketing Jobs.id Geo Fany Suharwan menambahkan, Unpad Virtual Job Fair ini merupakan kegiatan pertama dari rangkaian bursa kerja virtual yang dilakukan Jobs.id.

Selain di kota Bandung, gelaran serupa juga akan dilaksanakan di kota besar lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com