Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa UGM Gagas Permainan Edukatif Kartu Cleo untuk Belajar Kimia

Kompas.com - 31/08/2022, 18:31 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Para mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) menciptakan inovasi permainan edukatif bagi siswa yang sedang belajar soal ilmu kimia.

Permainan edukatif gagasan mahasiswa UGM ini diberi nama Cleo yang merupakan kependekan dari Chemical Learning with Uno Card.

Ide membuat permainan edukatif untuk belajar ilmu kimia ini juga tidak terlepas kendala yang dihadapi para siswa.

Saat belajar ilmu kimia, perlu mempelajari susunan struktur dan sifat dari skala atom, molekul hingga perubahan energi yang menyertainya.

Sehingga siswa di sekolah tingkat menengah pertama dan menengah atas harus memiliki penguasaan terhadap konsep dasar dalam ilmu kimia.

Salah satu landasan pokok kimia yang harus dikuasai adalah Sistem Periodik Unsur (SPU).

SPU jumlahnya yang cukup banyak yakni 118 unsur, membuat sebagian besar siswa merasa kesulitan dalam memahami materi SPU di sekolah.

Melansir dari laman resmi UGM, para mahasiswa dibalik inovasi permainan edukatif untuk belajar kimia ini antara lain Rindi Eliza Arta, Mandrea Nora, Ryan Kusnadi, Tari Hardiani Safitri dan Iqbal Wahdan Salsabil.

Mengadaptasi dari permainan kartu uno untuk menjadi salah satu sarana edukasi dalam memahami ilmu kimia bagi siswa.

Rindi mengatakan, permainan Cleo dirancang penuh dengan animasi berwarna dan memiliki aturan bermain yang menyenangkan agar mampu tercipta permainan yang menyenangkan dalam belajar ilmu kimia.

Menurut Rindi, selain desainnya yang menarik, inovasi Cleo juga terintegrasi oleh teknologi Augmented Reality (AR) dan juga dilengkapi dengan Voice Over (VO) sebagai penunjang.

Dia menambahkan, teknologi AR menampilkan informasi tambahan mengenai unsur yang bersangkutan apabila dilakukan scanning pada kartu menggunakan aplikasi yang telah disiapkan.

Rindi memaparkan, saat memainkan permainan edukatif ini, kartu Cleo discan kemudian akan mengeluarkan suara yang menjelaskan fakta menarik mengenai setiap unsur yang didapat.

Sehingga dengan adanya voice over tersebut, Cleo juga dapat dinikmati semua kalangan termasuk yang memiliki keterbatasan sekalipun.

Anggota tim lainnya Iqbal mengungkapkan, inovasi kartu Cleo ini diharapkan tidak hanya sebagai ajang hiburan saja.

Tapi juga menjadi permainan yang dapat menjadi jalan pintas bagi para siswa dalam belajar kimia.

Permainan kartu Cleo ini menurut Iqbal masih akan terus dikembangkan dalam penyempurnaan sistem dan mengikuti kebutuhan pasar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com