Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ASEAN Foundation dan SAP Umumkan ITB dan UI Juara Nasional "ASEAN DSE 2022"

Kompas.com - 29/08/2022, 16:06 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com — ASEAN Foundation dan SAP SE mengumumkan tiga tim dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Indonesia (UI) menjadi pemenang ASEAN Data Science Explorers (ASEAN DSE) Final Nasional 2022.

ASEAN DSE adalah kompetisi analisis data regional yang menyasar mahasiswa di 10 negara anggota ASEAN.

Dengan menggunakan SAP Analytics Cloud, program ini mengharuskan mahasiswa memberikan solusi dan rekomendasi berbasis data, inovatif, dan feasible untuk mengatasi masalah sosial dan ekonomi mendesak di ASEAN.

Ruang lingkup masalah yan diangkat terkait enam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB (United Nations Sustainable Development Goals), yaitu (1) Kesehatan dan Kesejahteraan, (2) Pendidikan yang Berkualitas, (3) Kesetaraan Gender, (4) Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi, (5) Inovasi Industri dan Infrastruktur, serta (6) Kota dan Komunitas Berkelanjutan.

Solusi yang diajukan kaum muda tidak terbatas pada kampanye, kebijakan, produk, layanan, atau rekomendasi relawan. Lebih jauh, solusi ini juga akan didistribusikan kepada badan-badan ASEAN yang relevan untuk dipertimbangkan.

Industry Business Architect SAP Indonesia, Rian A. Sagar, menjelaskan, program ASEANDSE berupaya memberdayakan pemuda ASEAN kita dengan keterampilan digital, keterampilan kolaborasi, kemampuan mengkomunikasikan ide, dan berpikir kritis.

“Semua kemampuan ini sangat penting untuk menjadi pemimpin yang efektif bagi dunia masa depan. Saya sangat terkesan dengan kualitas ide yang disajikan para peserta dan berharap kompetisi ini akan mengawali perjalanan mereka dalam dunia Data Science," ungkap Ryan.

Melalui kemitraan dengan ASEAN Foundation, jelas Ryan, pihaknya bertujuan terus mengarahkan kaum muda untuk berkembang di dunia yang terus berubah dan menginspirasi mereka untuk menempa masa depan yang lebih cerah dan lebih adil.

Baca juga: Kominfo-DQLab Buka Beasiswa Data Science untuk Umum dan Pemula

“Melalui kolaborasi dengan ASEAN Foundation, SAP berharap bisa memberdayakan komunitas anak muda ASEAN yang beragam untuk menjadi kekuatan ekonomi dunia, menjadi yang terdepan dalam inovasi, dan mendorong ekonomi yang berkelanjutan,” tutup Rian A. Sagara.

Juara ASEAN DSE 2022

Sebagai juara pertama, Tim Matrix Explorers dari Institut Teknologi Bandung mewakili Indonesia untuk Final Regional ASEAN DSE 2022 yang akan berlangsung di Phnom Penh, Kamboja, pada 12 Oktober 2022.

Berikut adalah rincian pemenangnya:

Juara Pertama: Tim Matrix Explorers terdiri dari Rini Nur Fatimah dan Muhammad Fijar Aswad dari ITB. Proyek mereka berfokus dalam mendidik masyarakat ASEAN tentang pentingnya mengurangi konsumsi listrik untuk menanggulangi perubahan iklim.

Runner-up: Tim Caunchy y-Riemann Plus Ultra beranggotakan Richardy Lobo' Sapan dan Joey Mangalo dari UI dan ITB. Mereka merancang proyek memberdayakan kaum muda menuju masa depan berkelanjutan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat ASEAN.

Runner-up kedua: Tim Theodolit Sprint  terdiri dari Muhammad Faisal Anshory dan Lukman Fadlansyah Ramadhan dari ITB merancang proyek mengenai ketahanan perkotaan terhadap bencana yang didorong oleh perubahan iklim.

Kompetisi tahun ini diikuti 778 siswa dari sepuluh negara ASEAN yang akan mewakili negara mereka.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com