Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rektor USK: Ini Peran Penting Bidan bagi Masyarakat

Kompas.com - 29/08/2022, 08:44 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu profesi ini ternyata punya peran penting dalam mendukung kualitas kesehatan di masyarakat. Profesi itu ialah bidan.

Menurut Rektor Universitas Syiah Kuala (USK) Prof. Dr. Ir. Marwan, peran bidan sangat penting karena tugasnya telah dimulai sejak bayi dalam kandungan.

Perannya yaitu dengan mengawasi dan menjaga kesehatan ibu yang sedang hamil. Selanjutnya, mereka juga berupaya agar bayi dalam kandungan tersebut dapat lahir dengan sehat dan selamat.

Baca juga: USK Komitmen Cetak Banyak Prodi Unggul, Ini Strateginya

"Jadi bidan ini perannya sangat penting. Mereka adalah komponen penting untuk mendukung kualitas kesehatan di masyarakat," ujar Rektor USK dikutip dari laman USK saat menghadiri Peringatan Hari Ulang Tahun Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ke 71 tahun, Selasa (23/8/2022).

Punya pengalaman di Inggris

Rektor juga mengungkapkan pengalamannya saat mendapatkan layanan kesehatan dari bidan terhadap keluarganya ketika menempuh pendidikan di Inggris.

Di mana saat itu, bidan rutin melakukan kontrol kesehatan dalam jangka waktu tertentu, untuk memastikan kondisi anaknya yang baru lahir.

Dikatakan, bidan di sana tidak hanya bertanggung jawab untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi. Tapi turut mengedukasi masyarakat tentang pentingnya hidup bersih dan sehat.

"Tentu kita juga berharap para bidan bisa berperan secara optimal seperti itu. Karenanya, pemerintah perlu memberikan perhatian serius untuk mendukung kinerja bidan ini," terang Rektor.

Baca juga: Buat Kesehatan Jiwa Siswa, Sekolah Wajib Punya 3 Hal Ini

Bidan harus tingkatkan kompetensinya

Sementara PJ Bupati Bener Meriah Drs. Haili Yoga, M.Si., menyampaikan terima kasih atas kesediaan Rektor USK untuk turut hadir secara bersama dalam peringatan HUT IBI ini.

Dirinya juga mengakui, kehadiran bidan sangatlah berarti bagi masyarakat.

"Karena untuk membentuk sumber daya manusia yang berkualitas itu dimulai sejak 1.000 hari pertama kehidupan (HPK) anak," katanya.

"Inilah masa yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak," imbuh Haili Yoga.

Untuk itulah dia juga berharap peringatan HUT IBI ini menjadi momentum bagi para bidan untuk terus meningkatkan kompetensinya.

Pemerintah Kabupaten Bener Meriah juga berkomitmen untuk mendukung peran bidan ini agar semakin optimal.

Adapun peringatan HUT IBI kali ini mengangkat tema “Perjalanan Panjang Profesi Bidan Mewujudkan Generasi Unggul Menuju Indonesia Maju”.

Baca juga: Genteng Pintar Bertenaga Surya Ini Hasil Inovasi Mahasiswa UGM

Untuk memperingati hari bersejarah tersebut, sejumlah rangkaian acara telah dilakukan IBI Cabang Bener Meriah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com