Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masuk 5 Besar Sekolah Terbaik Nasional, Menag Apresiasi 2 MAN Ini

Kompas.com - 27/08/2022, 20:05 WIB
Sandra Desi Caesaria

Penulis

KOMPAS.com - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengapresiasi MAN di Indonesia yang masuk ke dalam daftar sekolah terbaik versi LTMPT berdasarkan nilai UTBK 2022.

Peringkat pertama, Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Serpong menjadi yang terbaik dalam perolehan rerata nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) pada Seleksi Bersama Masuk Pergguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2022.

Dengan total nilai 666,494, MAN IC Serpong berada pada peringkat pertama dari 1.000 sekolah terbaik sebagaimana dirilis oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). 

Menag Yaqut Cholil Qoumas mengapresiasi prestasi MAN yang telah berhasil masuk daftar sekolah terbaik se Indonesia. 

“Alhamdulillah, dua tahun berturut-turut, MAN IC Serpong mempertahankan posisinya sebagai yang terbaik dari 1.000 sekolah dari hasil rerata nilai UTBK. Ini menjadi semacam penegasan bahwa madrasah ini memang unggulan dan kompetitif,” tegas Menag Yaqut Cholil Qoumas dilansir dari laman Kemenag.

Menurut Menag, ada dua madrasah yang masuk lima besar Top 1.000 Tahun 2022. MAN IC Pekalongan juga berhasil menempati ranking empat dengan nilai total 637,499.

Baca juga: 30 SMA Terbaik Indonesia Berdasarkan Nilai UTBK 2022 Versi LTMPT

Di banding 2021, MAN IC Pekalongan mengukir lonjakan kenaikan prestasi yang signifikan hingga sampai 30 peringkat.

Dalam lima peringkat terbaik ini, ada MAN IC Serpong (666,494), SMA Katolik ST Louis 1, Surabaya (641,482), SMA Pradita Dirgantara, Boyolali (640,747), MAN IC Pekalongan (637,499), dan SMAN 8 Jakarta (635,347).

Dirjen Pendidikan Islam M Ali Ramdhani menambahkan, lonjakan prestasi madrasah berdasarkan rerata nilai UTBK tahun 2022, secara umum meningkat tajam.

“Ini tentu menggembirakan. Kualitas madrasah makin nyata dan merata. Para siswa makin kompetitif, dan itu tidak hanya di satu atau dua madrasah, tapi banyak juga madrasah lainnya,” terang Kang Dhani, panggilan akrabnya.

Baca juga: 10 MAN Terbaik di Indonesia Versi LTMPT, Berdasarkan Nilai UTBK 2022

Pada urutan pertama hingga 61, ada 10 madrasah peraih nilai rerata tertinggi UTBK. Semuanya mengalami kenaikan peringkat dibanding tahun 2021, kecuali MAN IC Gorontalo yang turun 10 tingkat.

“Bagi kami ini bukan semata prestasi dan keberhasilan, tapi akses yang semakin luas bagi masyarakat untuk mendapat kesempatan belajar di madrasah berkualitas,” sambungnya.

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, M Isom Yusqi, menambahkan, berdasarkan rilis LTMPT UTBK Tahun 2022 diikuti 23.657 sekolah dengan total 745.115 peserta. Nilai Saintek tertinggi adalah 830,98. Sedang Nilai Sosial Humaniora tertinggi adalah 786,17.

“Dulu mungkin orang lebih banyak tahu tentang prestasi MAN IC Serpong. Tapi sekarang, pilihan madrasah berkualitas semakin banyak dan tersebar di sejumlah daerah. Ini tentu capaian yang perlu disyukuri bersama,” ungkapnya.

Isom berkomitmen pihaknya akan terus berupaya meningkatkan kualitas sekaligus pemerataan mutu pendidikan madrasah, agar akses masyarakat juga semakin luas dan mudah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com