Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Universitas Brawijaya Inovasi Permen Sehat dari Cangkang Telur

Kompas.com - 26/08/2022, 11:34 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) dari Fakultas Teknik dan Kedokteran berkolaborasi membuat inovasi permen sehat dari cangkang telur.

Dari limbah cangkang telur itu ternyata bisa menjadi sumber kalsium baru pada makanan ringan yakni permen.

Tim mahasiswa UB itu terdiri dari Rizka Adintya Safira, Pradinska Nahda Wafiya, Silvia Dyah Pitaloka, Hizkia Kharah Anggi Sihombing (Teknik Pengairan), Indira Swastika Utama (Kedokteran).

Baca juga: Pakai Styrofoam Bekas, Mahasiswa UGM Inovasi Penyerap Limbah Laundry

Adapun permen yang diberi nama Eggshell candy itu terbuat dari ekstraksi cangkang telur yang ditambahkan dengan asam sitrat, sehingga menghasilkan kalsium sitrat yang lebih mudah diserap oleh tubuh.

Dijual secara online

Permen sehat itu juga memiliki tekstur kenyal dengan rasa buah beragam, yaitu stroberi, melon, dan jeruk.

Bahkan permen itu juga sudah dijual dengan harga terjangkau mulai Rp 3.000/bungkus dengan isi 2 butir dan Rp 6.000/bungkus dengan isi 5 butir.

Menurut ketua tim, Rizka, untuk bisa mendapatkan Eggshell candy ini yakni dengan membeli secara online dari beberapa platform online dengan nama toko eggshellcandy.

Baca juga: Dosen UNY Inovasi Alat Monitoring Sarang Penyu Otomatis

"Penelusuran awal kami menunjukkan bahwa cangkang telur mengandung banyak kalsium yang baik terutama untuk tulang dan gigi pada manusia. Sayangnya, limbah ini belum dimanfaatkan secara maksimal," ujarnya seperti dikutip dari laman UB, Kamis (25/8/2022).

Cangkang telur banyak tak dimanfaatkan

Dijelaskan, telur adalah salah satu bahan makanan yang banyak diminati masyarakat. Per tahun 2020, konsumsi telur di Indonesia mencapai 28,16 kg per kapita per tahun.

Dari data tersebut pastinya akan menimbulkan cangkang telur yang terbuang sia-sia. Padahal, dalam cangkang telur terdapat kalsium karbonat hingga 97 persen.

Sementara Indira mengatakan, hingga kini asupan kalsium anak Indonesia masih belum mencukupi kebutuhan kalsium harian.

Maka dari itu, dengan adanya permen ini, diharapkan mampu mencukupi 4 persen kalsium berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG).

Baca juga: Mahasiswa UB Rancang Ekosistem Karbon Biru untuk Atasi Polusi Udara

"Kami harap, produk eggshell candy dapat menjadi alternatif baru dalam memenuhi asupan kalsium harian pada anak, terutama pada anak yang memiliki intoleransi terhadap laktosa," jelas salah satu anggota tim lain, Silvi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com