Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Melatih Diri untuk Berpikir Kritis

Kompas.com - 25/08/2022, 07:04 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Berpikir kritis perlu dimiliki generasi muda zaman sekarang, khususnya para mahasiswa. Ada banyak pengertian tentang berpikir kritis.

Salah satu penjelasannya yakni berpikir kritis adalah sebuah pemikiran yang masuk akal dan relatif fokus, dalam menetapkan apa yang dipercaya atau apa yang dilakukan.

Berpikir kritis sangat bermanfaat bagi kamu saat masih mengenyam pendidikan maupun setelah memasuki dunia kerja. Namun berpikir kritis ini tidak serta ada di setiap diri manusia.

Melansir dari akun Instagram Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Ditjen Vokasi Kemendikbud Ristek) membagikan 7 cara melatih diri untuk berpikir kritis. Bagaimana saja caranya agar bisa berpikir kritis? Simak bersama informasinya.

Baca juga: Penjelasan 3 Prioritas dalam Kampanye Sekolah Sehat Kemendikbud Ristek

7 cara melatih diri berpikir kritis

1. Banyak membaca

Meski pendidikan vokasi identik dengan praktikumm tentu hal tersebut tidak terlepas dari kerajinan para mahasiswa maupun pelajar dalam mengumpulkan informasi melalui bacaan dari berbagai sumber yang terpercaya.

2. Banyak bertanya

Jangan menelan informasi secara mentah-mentah. Klarifikasi informasi dengan mengajukan berbagai pertanyaan mendasar juga penting agar mendapatkan informasi yang valid.

3. Mendengarkan secara aktif

Salah satu cara lain melatih diri berpikir kritis dengan cara mendengarkan secara seksama. Bukan sekadar mendengarkan, namun menyimak dengan seksama dan memahami perspektif dari lawan bicara. Serta dapat merespon lawan bicara dengan baik dan tepat.

Baca juga: Contoh Soal ANBK 2022 bagian Literasi untuk SMA/MA/SMK/Paket C

4. Sering berdiskusi/brainstorming

Berbagi ide/wawasan dengan orang lain juga dapat mengasah kemampuan kritis. Karena mahasiswa vokasi juga dilatih untuk menganalisis berbagai perspektif baru dari lawan bicara.

5. Observasi

Kamu dapat belajar mengamati, menganalisis dan menyimpulkan permasalahan yang terjadi di lingkungan sekitar dan seiring waktu kemampuan berpikir kritis akan semakin terasah.

6. Melatih problem solving

Latih kemampuan ini dengan mulai mengidentifikasi masalah yang terjadi di sekitar. Cobalah fokus dan mulai memikirkan solusi rasional yang dapat melatih kemampuan berpikir kritis.

Baca juga: Tips Memulai Bisnis Anti-gagal dari Dosen IPB

7. Belajar melalui aktivitas secara langsung

Seperti halnya yang diterapkan dalam pendidikan vokasi bahwa praktik merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran. Sehingga kamu dapat melatih kemampuan berpikir kritis dengan terjun langsung di dunia kerja/industri.

Demikian 7 cara melatih diri untuk berpikir kritis. Dengan membiasakan diri berpikir kritis dalam kehidupan sehari-hari, akan ada banyak manfaat yang bisa diperoleh mahasiswa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com