Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korea Selatan Jadi Tujuan Kuliah Favorit Mahasiswa Indonesia di IISMA 2022

Kompas.com - 23/08/2022, 10:58 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Tak hanya untuk berlibur atau wisata kuliner, Korea Selatan juga menjadi salah satu tujuan favorit untuk menimba ilmu.

Hal ini terbukti dengan banyaknya mahasiswa Indonesia yang mendaftar Program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) dengan pilihan negara tujuan Korea Selatan.

IISMA adalah program beasiswa yang memberikan kesempatan mahasiswa Indonesia untuk merasakan belajar di luar negeri selama satu semester.

IISMA 2022 melepas sejumlah 50 mahasiswa yang akan mengikuti perkuliahan selama satu semester di Korea University, Kamis (18/8/2022).

Baca juga: Belajar Bahasa Korea Gratis dari Korea Foundation, Tunjangan Rp 12,6 Juta

Dari total 50 mahasiswa yang berasal dari 22 perguruan tinggi di Indonesia itu, 45 di antaranya telah tiba di Korea pada 19 Agustus 2022. Sementara itu, lima awardee lainnya dijadwalkan untuk menyusul dikarenakan terpapar Covid-19.

Ketua program IISMA, Rachmat Sriwijaya dalam sambutannya berpesan kepada mahasiswa untuk mempelajari hal-hal baik serta mempromosikan Indonesia ketika berada di Korea.

"Seperti kita tahu, bisnis dan industri hiburan di Korea Selatan saat ini sangatlah maju dan telah mendunia. Sebagai mahasiswa pilihan, harapannya melalui apa yang mereka pelajari di Korea, para awardee ini dapat memberikan kontribusi bagi Indonesia," paparnya dilansir dari laman Diktiristek.

Sementara itu, Kepala Center for Independent Learning Universitas Indonesia, F. Astha Ekadiyanto mengungkapkan pentingnya mahasiswa memiliki pengalaman global.

Baca juga: Pertamina Foundation Buka Lowongan Magang 2022-2023, Segera Daftar

“Korea merupakan negara maju dan Korea University juga berada pada posisi top 100 QS World University Ranking. Ini merupakan pengalaman yang menarik untuk bisa belajar dan menjalin networking,” ungkapnya.

Ia berharap para awardee bisa membawa pengaruh bagi universitas masing-masing sebagai penghubung dengan para profesor di sana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com