Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PKKMB UNJ 2022, Ini 4 Hasil Penting yang Diharapkan bagi Mahasiswa Baru

Kompas.com - 22/08/2022, 21:18 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Sebanyak 65 persen dari total 5.117 mahasiswa baru Universitas Negeri Jakarta mengikuti pembukaan pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru UNJ (PKKMB UNJ) 2022 pada Senin, 22 Agustus 2022 di Stadium Atletik Rawamangun, Jakarta.

PKKMB UNJ tahun 2022 mengangkat tema, “PKKMB Mewujudkan Mahasiswa Unggul dan Berprestasi di Era Digital”.

“Selamat datang kepada seluruh mahasiswa baru UNJ di kampus pergerakan intelektual dan di kampus terbaik di Asia bahkan di dunia,” sapa Ahmad Syauqy, Ketua BEM UNJ 2022 kepada para mahasiswa baru UNJ.

Pada kesempatan sama, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNJ, Abdul Sukur menyampaikan total mahasiswa baru UNJ 2022/2023 sebanyak 5.117 mahasiswa.

Jumlah ini terdiri dari 759 mahasiswa dari Fakultas Ilmu Pendidikan, 769 mahasiswa dari Fakultas Bahasa dan Seni, 700 mahasiswa dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 774 mahasiswa dari Fakultas Ilmu Sosial.

Selain itu terdapat pula 711 mahasiswa dari Fakultas Teknik, 421 Mahasiswa dari Fakultas Ilmu Keolahragaan, 730 Mahasiswa dari Fakultas Ekonomi, 253 mahasiswa dari Fakultas Pendidikan Psikologi.

"Selamat datang mahasiswa baru UNJ, terus semangat dan raih prestasi di UNJ," ungkap pesan Abdul Sukur.

Baca juga: Terima 8.258 Mahasiswa Baru, Unpad Siap Jadi Hybrid University

Rektor UNJ, Prof. Komarudin UNJ juga menyampaikan pesan dan motivasi kepada ribuan mahasiswa baru, di mana terdapat 4 luaran penting dari kegiatan PKKMB UNJ ini, yaitu:

  1. Untuk mengenalkan dunia kampus, visi, dan budaya akademik kepada mahasiswa baru. Tujuannya agar mahasiswa baru mampu beradaptasi secara akademik, dan non akademik; memiliki kesiapan psikologis dan sosial; serta memiliki kebanggaan terhadap almamater UNJ.
  2. PKKMB mendorong mahasiswa baru untuk menjadi pembelajar yang tangguh dan mandiri. Menghadirkan prestasi akademik-non akademik, aktif dalam organisasi kemahasiswaan, memperkuat jejaring, dan berkontribusi nyata untuk dunia pendidikan.
  3. Pengenalan wawasan kebangsaan bagi mahasiswa baru. Kampus adalah miniatur Indonesia, rumah kebinekaan hasil tenunan yang luar biasa indah dari kemajemukan suku bangsa, adat istiadat, bahasa, agama, ras, dan antar golongan.
  4. PKKMB memberikan pengenalan wawasan global. Universitas Negeri Jakarta adalah bagian penting dari masyarakat dunia. Oleh karena itu, mahasiswa baru harus mampu menjadi global citizen, memiliki global mindset, dan dapat bergaul di tingkat global.

Rektor UNJ menyampaikan, pengenalan wawasan global bagi mahasiswa baru ini, kelak dapat menjadi jalan agar mahasiswa semakin on the track berperan untuk melakukan transformasi pendidikan dan transformasi sosial di masyarakat.

Mahasiswa nantinya dapat mengambil peran aktif dalam masyarakat, baik sebagai agent of community empowerment,agent of change, agent of social control, moral force, iron stock, dan guardian of value.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam menyukseskan kegiatan ini termasuk kepada para sponsor. Semoga semua yang telah kita kerjakan menjadi amal ibadah kita semuanya,” tutup Prof. Komarudin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com