Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PPDI, IFES dan UMJ Perkuat Partisipasi Penyandang Disabilitas dalam Pemilu

Kompas.com - 18/08/2022, 12:02 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) mendorong penyandang disabilitas berpartisipasi aktif sebagai warga negara dalam pemilu melalu program ENGAGE (Engaging a New Generation for Accesible Governance and Elections) Training.

Program ini merupakan kolaborasi PPDI bersama International Foundation Election System (IFES) dan Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) dan mendapatkan pendanaan dari Department of Foreign Affairs and Trade (DFAT).

Program ENGAGE Training menyasar pemuda disabilitas sebagai calon pemimpin dan pemilih di Indonesia.

Program ini diusulkan untuk menjawab beberapa permasalahan yang dihadapi oleh pemuda disabilitas yang pada umumnya memiliki keterbatasan pengetahuan, akses dan seringkali mengalami berbagai praktik diskriminasi dalam menjalankan dan memperoleh hak politiknya.

ENGAGE Training dilaksanakan sejak bulan November 2021 sampai dengan bulan Agustus 2022. Peserta yang mengikuti program ini sebanyak 22 mahasiswa dari berbagai universitas di Jabodetabek.

Rangkaian kegiatan program yang dilakukan yaitu mulai dari pembukaan program, pembekalan fasilitator, pelatihan peserta, proyek komunitas yang bekerja sama dengan KPU DKI Jakarta dan Bawaslu.

Pembekalan dam pelatihan ini kemudian dilanjutkan magang peserta di KPU DKI Jakarta dan Bawaslu RI serta penutup program.

Salah satu peserta ENGAGE Training, Alfrida Hermawati dari Universitas Muhammadiyah Jakarta mengatakan, "ENGAGE Training yang telah saya ikuti sangat memberikan dampak yang positif. Saya mendapatkan pengetahuan baru terutama tentang politik dan kepemimpinan."

Selama berjalannya proses tentunya dibutuhkan tim yang saling bekerja sama demi tercapainya sebuah tujuan. Dalam hal ini, tidak terlepas dari hambatan atau masalah yang mungkin akan dihadapi.

Baca juga: TeDi, Aplikasi Penyandang Disabilitas Pertama di Indonesia dengan Fitur Lengkap Karya Mahasiswa

 

Salah satu hambatannya yaitu terbenturnya jadwal pelaksanaan program dengan kegiatan peserta di kampus seperti ujian.

Kemudian menjadi perhatian dari pihak penyelenggara agar mengatur waktu yang sesuai sehingga peserta tetap dapat mengikuti program dan mengikuti kegiatan kampus.

Project Manager program ENGAGE Training Fajri Hidayatullah, melalui rilis resmi (18/8/2022) menyampaikan harapannya, "Semoga program ENGAGE Training bisa dilaksanakan di seluruh Indonesia untuk memberikan pendidikan politik bagi pemuda disabilitas." 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com