Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanpa Perploncoan, OMB UMN 2022 Fokus pada Pengembangan Nilai Utama

Kompas.com - 16/08/2022, 21:05 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Orientasi Mahasiswa Baru Universitas Multimedia Nusantara (OMB UMN) 2022 memberikan pembekalan berupa nilai-nilai utama kepada peserta. Pemberian bekal ini dikemas dalam rangkaian kegiatan interaktif luring dan daring pada Selasa (16/8/2022).

Nilai-nilai tersebut terdiri dari perjuangan, pertumbuhan, ketangguhan, 5C Kompas Gramedia (Caring, Credible, Competent, Competitive, Customer Delight), hingga Sustainable Development Goals (SDGs) ke-4, yaitu quality education. 

“Kegiatan yang teman-teman ikuti saat ini adalah Orientasi Mahasiswa Baru (OMB), bukan ospek atau pun perpeloncoan. Tujuannya cukup tiga, yakni mengenalkan lingkungan kampus, program studi, dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM),” tegas Ninok Leksono, Rektor UMN.

Kegiatan dibuka dengan dinamika kelompok yang bertajuk “Udaya Tuwuh” yang dalam bahasa Sanskerta berarti upaya pertumbuhan.

Udaya Tuwuh dibagi menjadi tiga yang masing-masing bagiannya tidak hanya menanamkan nilai-nilai OMB UMN 2022, tetapi juga memperkenalkan serta memperluas pengetahuan peserta mengenai flora endemik di Indonesia.

Dinamika kelompok yang pertama adalah “Anufa Flora” atau yang memiliki arti pengetahuan tumbuhan. Melalui kegiatan ini, peserta diajak untuk berlomba menebak nama bunga khas Nusantara bersama satu hingga dua kelompok lainnya.

Setelah mendapat poin, Tiksna turut menjelaskan fakta unik seputar flora tersebut.

Dengan begitu, peserta bisa memperluas pengetahuannya, sekaligus menerapkan nilai pertumbuhan dan nilai competent.

Adapun dinamika selanjutnya, yakni “Panca Waradana” yang artinya lima nilai berharga.

Pada dinamika ini, masing-masing kelompok diuji kekompakkannya dengan beradu cepat menjawab pertanyaan seputar nilai 5C Kompas Gramedia sambil memperagakan gerakan secara bersamaan.

Baca juga: UMN Dorong Lulusan Jadi Wirausahawan Sejati di Era Digital

Orientasi Mahasiswa Baru Universitas Multimedia Nusantara (OMB UMN) 2022 dikemas dalam rangkaian kegiatan interaktif luring dan daring pada Selasa (16/8/2022).
DOK. UMN Orientasi Mahasiswa Baru Universitas Multimedia Nusantara (OMB UMN) 2022 dikemas dalam rangkaian kegiatan interaktif luring dan daring pada Selasa (16/8/2022).

Terakhir, peserta didorong untuk melatih kekompakan dan menumbuhkan ketangguhan diri melalui dinamika “Abhinaya Sahitya” yang berarti semangat kebersamaan dalam bahasa Sanskerta. Selain itu, dinamika ini juga menanamkan nilai-nilai, seperti perjuangan, kreativitas, competitive, dan credible.

Tidak hanya itu, Tiksna juga mengajak peserta membuat “Batang Ketangguhan”.

Dalam proses pembuatannya, peserta bebas mengkreasikan sesuai citra diri masing-masing dan menuliskannya pada stik es krim tersebut. Hal ini juga merupakan perwujudan awal komitmen setiap peserta dalam memulai perjuangan.

Nantinya, stik es krim antar peserta dirangkai menjadi satu kesatuan berbentuk heksagon hingga membentuk “Sarang Impian”. Melalui ini, OMB UMN 2022 ingin membawa pemahaman bahwa sama halnya seperti lebah, membangun mimpi perlu kerja sama yang kuat.

Baca juga: Kolaborasi dengan Modena, UMN Luncurkan Kitchen Studio Lab

OMB UMN 2022 tanamkan nilai penting

Kegiatan luring (offline) OMB UMN 2022 dilanjutkan dengan Kuliah Tiksna di mana peserta dibekali visi misi UMN, nilai 5C Kompas Gramedia, 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, dan Santun), dan Tridharma Perguruan Tinggi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com