Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malaysian Week, Gubernur NTB Minta Anak Muda Bisa Berdaya Global

Kompas.com - 04/08/2022, 15:15 WIB
Sandra Desi Caesaria

Penulis

 

KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) memiliki Program beasiswa 1000 Cendekia untuk menciptakan generasi yang berwawasan global, agar dapat berkontribusi dalam pembangunan daerah.

Hal itu dikatakan Gubernur NTB, Zulkieflimansyah saat membuka Malaysian Week yang diselenggarakan oleh Education Malaysia Global Services (EMGS) di Hotel Lombok Raya, Rabu, (27/07/2022).

Pria yang akrab disapa Bang Zul ini mengatakan, studi ke Malaysia perlu didukung penuh. Sebab, studi ke luar negeri terutama ke Malaysia merupakan batu loncatan bagi pelajar Indonesia. 

 Baca juga: ASEAN-Uni Eropa Buka Bursa Kuliah dan Beasiswa dari 120 Kampus

Terlebih antara Malaysia dan Indonesia memiliki hubungan yang saling mendukung sejak lama. Sehingga tepat kiranya jika studi ke Negeri Jiran perlu diapresiasi tinggi. 

Ia mengatakan penting bagi para pelajar membangun jaringan. Sebab tugas pelajar tidak hanya belajar. 

Membuka jaringan dengan komunitas internasional juga perlu dilakukan pelajar. Karena dengan membangu jaringan maka terbukalah wawasan tentang dinamika global yang saat ini terjadi. 

“Awardee kita dan generasi muda harus memanfaatkan peluang ini dengan sebaik baiknya,” kata Gubernur.

Dalam acara yang dihadiri 250 undangan baik pejabat NTB dan delegasi Malaysia, CEO Education Malaysia Global Services (EMGS), Encik Mohd Radzlan bin Jalaludin juga mengapresiasi pihak Pemerintah NTB. 

 “Terimakasih kepada Gubernur NTB atas program Beasiswa NTB, yang telah mengirimkan ratusan mahasiswa ke Malaysia, dan agar makin memperkuat hubungan silaturrahim serta kerjasama sebagai negara yang serumpun,” ucap Radzlan.

 Baca juga: Syarat Daftar Beasiswa Chevening 2023/2024 Full Scholarship

Ia menjelaskan, Malaysian Week menyelenggarakan Gala Dinner dan Ramah Tamah Gubernur NTB dengan CEO EMGS dan calon Mahasiswa ke Malaysia serta Alumni dari NTB.

 

Dalam kesempatan itu, Encik Mohd Radzlan bin Jalaludin juga mangajak perwakilan kampus Universiti Teknologi MARA (UiTM) dan Universiti Utara Malaysia (UUM). Pertemuan ini, sekaligus dalam rangka kerjasama bersama lebih dari 6 universitas di NTB. 

 Malaysian Week dihadiri oleh 103 alumni dan awardee Beasiswa S2 NTB diampu oleh Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) NTB dihadiri pula oleh Wakil Ketua DPRD, Kepala Dinas Dikbud dan Kepala OPD lainnya. 

Baca juga: Link, Cara Akses Info Beasiswa dan Kampus ASEAN-Uni Eropa

Selain itu, dihadiri pula oleh 83 penerima beasiswa ke Malaysia dan 80 alumni NTB yang pernah belajar di Malaysia. 

Termasuk lebih dari 10 perwakilan Universitas Indonesia (UI) yang terdiri dari Rektor dan Wakil Rektor juga turut hadir bersama. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com