Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Proaction Vokasi UI Gelar Literasi Komunikasi untuk 500 Anak Muda

Kompas.com - 02/08/2022, 10:03 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Mahasiswa Prodi Humas Vokasi UI menggelar literasi komunikasi bertajuk “Speak Directly, Write Perfectly” yang diikuti 500 peserta secara daring dengan menghadirkan Kevin Liliana (Miss Internasional 2017) dan Bagas Ali Prasetyo (Penulis Novel “Arial & Adara“).

Acara yang diadakan mahasiswa angkatan 2021 yang tergabung dalam kelompok praktikum mata kuliah pengelolaan proyek dan ajang khusus bertujuan mendorong anak muda Indonesia untuk sadar akan pentingnya memiliki komunikasi yang baik.

“Sesuai dengan tema yang diusung yaitu Speak Directly, Write Perfectly saya berharap para peserta mampu memahami materi yang disampaikan para narasumber," ujar Reska Herlambang, Dosen Pembimbing melalui rilis resmi (1/8/2022).

"Sehingga nantinya ilmu yang diberikan dapat diaplikasikam secara langsung, baik dalam lingkungan sosial maupun dalam pengembangan diri secara profesional," tambahnya.

Dalam kesempatan sama, Dini Maharani, Ketua Pelaksana Acara memberikan apresiasi atas respons positif dari peserta.

“Bersyukur rangkaian literasi komunikasi ini dapat berjalan dengan lancar. Jujur,ini diatas target panitia, hadirnya 500 orang. Tingginya antusias peserta tersebut, kami merespon dengan positif bahwa ternyata kesadaran anak muda akan edukasi masih sangat tinggi," ungkap Dini.

"Semoga bisa bermanfaat dan menjadi bekal dalam menggapai cita-cita gemilangnya.Terima kasih juga untuk narasumber dan dosen pembimbing yang telah ikut serta menyukseskan kegiatan ini," tambah Dini Maharani. 

Konsep dan ide kegiatan ini merupakan hasil karya mahasiswa yang tergabung dalam Tim PRoaction yang terdiri dari: Dini M, Ignatius Dimas, Ezra V, Putri F, Putri H, Alaida, Anayya, Ammara, Marsya, Mutiara, Aisyah, Rizkha, Aziz, Fida, Amadea, Elvaretta, Natha, dan Azzahra.

Baca juga: Presiden Jokowi Dorong Akselerasi Pendidikan Vokasi, Ini Alasannya

Kemampuan publik speaking dan copy writing

Dalam sesi presentasi, Kevin Liliana, perempuan Indonesia pertama peraih mahkota Miss Internasional menyampaikan, genarasi muda Indonesia harus membekali diri dengan soft skill sebanyak mungkin termasuk mengasah ilmu dalam public speaking.

Seorang public speaker membutuhkan rasa percaya diri yang tinggi, penguasaan materi dan dapat berkomunikasi dengan baik. Oleh sebab itu, orang-orang yang menguasai skill ini umumnya dianggap ahli dalam menyampaikan informasi kepada khalayak umum.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com