Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkab Agam Gandeng UNJ untuk Peningkatan SDM lewat Pendidikan

Kompas.com - 02/08/2022, 09:22 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan Pemerintah Daerah Kabupaten Agam, Sumatera Barat menjalin kerja sama untuk penguatan sumber daya manusia melalui tri dharma perguruan tinggi: pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Seremoni penandatanganan kerja sama dilaksanakan melalui Penandatanganan Nota Kesepahaman pada Senin, 1 Agustus 2022, di Lobi Rektorat UNJ, Kampus A Rawamangun.

Bupati Agam Andri Warman dalam sambutan menyampaikan, selama dirinya menjadi Bupati, targetnya untuk para guru di Agam diharuskan sampai S2.

"Untuk S2 ini kita perlukan universitas, maka dari itu saya datang ke UNJ untuk menjalin kerja sama dengan dibentuknya MoU antara Pemda Agam dan UNJ," ujar Dr. Andri.

"UNJ merupakan universitas ke-11 atau 12 yang telah Kabupaten Agam ajak kerja sama, sengaja saja banyak menjalankan MoU dengan lembaga pendidikan karena tujuan saya ingin mencerdaskan anak bangsa Kabupaten Agam di bidang sumber daya manusia dengan target kami guru harus S2," tegasnya.

"Semoga MoU ini tidak sekadar ceremony tanda tangan semata, dan ada tindak lanjut yang nyata dari kedua belah pihak," tambah Andri.

Pada kesempatan sama, Prof. Komarudin, Rektor UNJ mengatakan, kerja sama pengabdian kepada masyarakat meliputi pemberdayaan, penyuluhan, dan kegiatan yang merupakan pemanfaatan hasil penelitian dalam upaya meningkatkan peran serta masyarakat dalam pembangunan Kabupaten Agam.

"Saat ini UNJ juga sudah mulai melakukan pendampingan di Kabupaten Agam antara lain dalam mewujudkan kampung Inggris dalam menyiapkan SDM yang siap berkompetisi global," ungkap Prof. Komarudin.

“Terima kasih kepada Bapak Bupati Agam berserta jajarannya dan kepada semua pihak yang telah bekerja sama dengan baik sehingga acara penandatanganan MoU ini dapat terlaksana, dan juga Prof. Ilza Mayuni yang sudah menginisiasi kerjasama ini," tutur Prof. Komarudin.

Baca juga: Perguruan Tinggi Malaysia Jajaki Kerja Sama dengan PTN dan PTS Indonesia

Totok Bintoro, Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama UNJ mengatakan, MoU antara UNJ dengan Pemda Kabupaten Agam, Sumbar di bidang pendidikan merupakan bagian dari upaya UNJ untuk dapat lebih memberikan kontribusi yang lebih luas.

"Terutama dalam pendampingan pemerintah daerah untuk percepatan pencapaian tujuan pembangunan pendidikan nasional," ujar Totok Bintoro.

Selain Rektor, penandatanganan kerja sama ini juga dihadiri oleh Ketua dan Sekretaris Senat UNJ, para Wakil Rektor, Para Ketua Lembaga, Para Dekan dan Direktur Pascasarjana, Para Kepala Biro dan badan, serta para pimpinan lainnya di lingkungan UNJ.

Sementara dari Pemkab Agam Sumbar dihadiri pula oleh Andrinaldi (Asisten Administrasi Umum), Bambang Warsito (Kepala BPBD), Fauzi S (Kepala Bagian Tata Pemerintahan), Khasman Zaini (Kepala Bagian Protokol), Yosman (Kepala Bagian Kesra), dan Efriyoni (Tenaga Ahli).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com