Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Pertanyaan Wawancara Kerja bagi Fresh Graduate

Kompas.com - 31/07/2022, 22:14 WIB
Sandra Desi Caesaria

Penulis

KOMPAS.com - Para fresh graduate yang saat ini sedang dalam tahapan interview dengan perusahaan, cobalah untuk mengetahui triknya.

Sebab, dalam sesi interview atau wawancara kadang menjadi penentu akhir apakah pelamar diterima atau tidak.

Meskipun tahap interview terkadang menjadi salah satu tolak ukur bahwa pelamar sebenarnya sudah diterima, pelamar harus tetap profesional dan jawab pertanyaan tersebut dengan sebaik mungkin..

Oleh sebab itu, ketahui terlebih dahulu apa saja pertanyaan interview yang sering diajukan oleh HRD sebuah perusahaan. Contoh berikut, sebagai gambaran saja atau pertanyaan yang sering keluar.

Baca juga: Fresh Graduate Bisa Cepat Dapat Kerja, Hindari 3 Kesalahan Ini

Tentu perusahaan memiliki pertanyaan yang berbeda bagi pelamar. Namun, tidak ada salahnya mempersiapkan sedini mungkin dengan latihan menjawab pertanyaan interview.

Berikut tipsnya, dilansir dari laman IT Telkom Purwokerto bagi para fresh graduate.

Contoh pertanyaan wawancara pekerjaan dan jawabannya

Sebelum mengetahui apa saja pertanyaan dan jawabannya, alangkah baiknya setiap kali berhadapan dengan interviewer jangan lupa untuk menenangkan diri dan bersikap profesional

1. Apa dan bagaimana background kehidupan Anda?

Sudah menjadi rahasia umum, HRD sebuah perusahaan tempat dimana Anda akan bekerja akan bertanya seputar kehidupan Anda. Jawablah pertanyaan tersebut secara singkat dan jelas.

Meskipun HRD sebenarnya sudah melihat CV terbaik Anda, mereka tetap ingin mendengarnya langsung dari Anda.

Baca juga: 7 Ciri-ciri Lowongan Palsu, Fresh Graduate Wajib Tahu

Jadikan ini kesempatan untuk menjelaskan pengalaman selama berada di perusahaan sebelumnya, atau pengalaman seputar organisasi yang pernah diikuti di kampus serta hobi dan passion yang sesuai dengan tugas pekerjaan di tempat baru tersebut.

2. Mengala ingin bekerja di perusahaan yang dilamar?

Masing-masing orang memiliki jawaban sendiri tentang pertanyaan ini. Akan tetapi, Anda harus tetap berhati-hati, karena pertanyaan seperti ini adalah pertanyaan menjebak yang justru akan membuat image kepribadian Anda menjadi negatif.

Bekerja karena uang adalah sesuatu hal yang wajar. Akan tetapi, sebaiknya cantumkan jawaban ini secara eksplisit (tanpa harus disebutkan).

Beberapa contoh untuk jawaban ini adalah:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com