Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakar UGM: Penularan Cacar Monyet Bisa Lewat Wadah Ini

Kompas.com - 29/07/2022, 18:40 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - World Health Organization (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia telah menetapkan wabah cacar monyet sebagai keadaan darurat kesehatan global.

Merespons pernyataan tersebut, Guru Besar Fakultas Kedokteran Hewan UGM, Prof. Wayan Tunas Artama angkat suara.

Baca juga: Kasus Cacar Monyet, Ini Kata Pakar Unair

Dia menyatakan banyak pihak perlu untuk meningkatkan edukasi dan kewaspadaan.

Melalui cara-cara tersebut dinilainya sebagai strategi utama untuk menurunkan faktor risiko masyarakat terhadap kemungkinan terkena paparan virus.

"Mengingat wabah cacar monyet di Amerika Serikat pada tahun 2003 sempat diberlakukan kebijakan pembatasan perdagangan dan transportasi hewan," ucap dia melansir laman UGM, Jumat (29/7/2022).

Berkaca dari wabah AS, kata Wayan, menjadikan semua perlu untuk dipertimbangkan dan diperketat, terutama di daerah endemik dan negara-negara dengan wabah tersebut.

Hewan yang mungkin telah kontak dengan hewan terinfeksi harus dikarantina serta ditangani sesuai standar pencegahan dan diobservasi gejala cacar monyet selama 30 hari.

"Karena penyakit cacar monyet atau monkeypox ini adalah penyakit zoonotik dan mewabah di Inggris awal bulan Mei silam," jelas dia.

Berbicara penularan bisa dari hewan ke manusia dan terjadi saat menangkap, memproses, dan mengonsumsi daging satwa liar.

Bisa juga melalui kontak langsung dengan darah, cairan tubuh, atau lesi dari hewan terinfeksi seperti mamalia kecil, termasuk rodensia (tikus dan tupai), dan primata non-manusia (monyet dan kera).

Menurut dia, penularan secara kontak langsung ini dapat juga terjadi antar hewan.

Penularan cacar monyet dari manusia ke manusia utamanya melalui droplet pernafasan yang secara umum memerlukan kontak erat yang cukup lama.

Baca juga: Ini Sanksi untuk Penerima Beasiswa LPDP Bila Enggan Balik ke Indonesia

Penularan bisa juga melalui kontak langsung dengan cairan tubuh atau materi lesi cacar, kontak tidak langsung dengan benda, kain, dan permukaan yang terkontaminasi.

Penularan secara vertikal dapat terjadi dan dapat berujung pada komplikasi, cacar bawaan, atau lahir mati.

"Masa inkubasi cacar monyet umumnya berkisar 6 sampai 13 hari. Pasien dinyatakan infeksius dari saat ruam mulai muncul hingga deskuamasi atau pergantian kulit. Proses ini membutuhkan waktu hingga beberapa minggu," kata dia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com