Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunakan Permainan, Sekolah Enuma: Kurangi Kebosanan Anak Selama Belajar

Kompas.com - 28/07/2022, 16:52 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Media pembelajaran tak terbatas pada buku dan ruang kelas. Proses belajar pun perlu dibuat menyenangkan agar anak menikmati kegiatan belajar itu sendiri.

Inilah yang ingin dihadirkan perusahaan teknologi di bidang edukasi, Enuma bekerja sama dengan Pemerintah Kota Lubuklinggau, melalui akses aplikasi Sekolah Enuma: Bahasa Indonesia bagi seluruh anak di Lubuklinggau.

Aplikasi Sekolah Enuma: Bahasa Indonesia akan digunakan sebagai pendamping pembelajaran yang sejalan dengan kurikulum nasional dan dapat disesuaikan terhadap kebutuhan individual anak.

Baca juga: Zenius-Disney Hadirkan Platform Belajar Interaktif untuk Siswa SD

Konsep belajar sambil bermain

Wali Kota Lubuklinggau, SN Prana Putra Sohe mengatakan bahwa upaya pemenuhan hak anak, khususnya hak belajar literasi dan bermain sebagai dasar pengembangan sumber daya manusia akan terus menjadi prioritas.

"Berbagai upaya telah kami lakukan salah satunya melalui percepatan penyediaan akses literasi untuk seluruh anak di Lubuklinggau. Oleh karena itu, kami sangat menyambut baik kehadiran Enuma melalui akses aplikasi Sekolah Enuma untuk melengkapi program dan meningkatkan kualitas kegiatan literasi di Lubuklinggau,” kata Prana dalam rilis.

Kemitraan ini diharapkan dapat menjawab pemenuhan hak anak dalam hal mendapatkan akses belajar literasi yang berkualitas dan menyenangkan.

Direktur Enuma Indonesia, Juli Adrian menjelaskan bahwa konsep utama dari aplikasi Sekolah Enuma adalah belajar sambil bermain melalui fitur yang atraktif dan variatif, serta disusun dengan pemetaan konten khusus untuk menumbuhkan dan mempertahankan motivasi belajar anak.

Sehingga, pemanfaatan aplikasi ini dapat memberikan stimulasi yang tepat dalam peningkatan proses pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dasar anak.

Baca juga: Fitur Ini Bantu Siswa SD-SMA Pecahkan Soal Matematika, Fisika, Kimia

Selain itu, aplikasi ini dilengkapi dengan pembelajaran yang bersifat individual, agar anak dapat belajar sesuai dengan level yang selaras dengan keterampilan mereka.

"Elemen permainan pada aplikasi Sekolah Enuma yang dirancang sesuai dengan Kurikulum Nasional Indonesia, kebudayaan, serta kebiasaan anak telah berhasil membantu mengurangi kebosanan anak sehingga mereka mendapatkan pengalaman belajar yang menyenangkan,” kata Juli.

Pemenuhan kebutuhan pembelajaran di NTB, Bengkulu, dan Lubuklinggau

Juli menjelaskan, hingga Juli 2022, Enuma telah mendukung tiga pemerintah daerah di Indonesia, seperti Nusa Tenggara Barat, Bengkulu, dan Lubuklinggau dalam penyediaan aplikasi Sekolah Enuma dan sosialisasi literasi digital untuk para pendamping belajar anak.

Sebuah studi kasus uji coba penggunaan aplikasi Sekolah Enuma di Lampung dan Medan menunjukkan, aplikasi ini dapat membantu lingkungan yang memiliki keterbatasan sumber daya dalam pemenuhan kebutuhan pembelajaran dasar secara lebih merata sambil mendukung adopsi keterampilan digital.

Baca juga: Terkenal Disiplin, Begini Cara Orangtua Jepang Mendidik Anak

“Kami telah menerima banyak ulasan positif dari pihak-pihak yang telah menggunakan aplikasi Sekolah Enuma sebagai pendamping pembelajaran literasi anak. Berbagai ulasan positif didapatkan secara langsung maupun di dunia maya sebagai dampak yang mereka rasakan dari peningkatan kemampuan literasi dan motivasi belajar pada anak setelah menggunakan aplikasi ini,” tambah Juli.

Enuma terus berharap dapat mewujudkan misi memberikan akses literasi yang berkualitas dan menyenangkan kepada seluruh anak di Indonesia secara efektif dan efisien.

Enuma juga sangat terbuka dengan berbagai kolaborasi pihak terkait untuk terus bersama-sama berusaha menciptakan dunia tanpa kelangkaan akses belajar yang tentunya sangat dibutuhkan oleh anak-anak untuk tumbuh dengan baik dengan potensi terbaik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com