Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unesa Masih Buka Jalur Mandiri SPMB Reguler, Bisa Tes dari Rumah

Kompas.com - 27/07/2022, 13:29 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Negeri Surabaya (Unesa) masih membuka pendaftaran jalur Mandiri SPMB Reguler.

Pendaftaran mahasiswa baru ini dibuka mulai 25 hingga 29 Juli 2022.

Kesempatan ini jangan dilewatkan para calon mahasiswa yang belum berhasil lolos ke perguruan tinggi negeri (PTN) di jalur-jalur sebelumnya.

Kepala Satuan Admisi Unesa Sukarmin mengatakan, jalur reguler ini untuk memberikan kesempatan kepada peserta yang belum diterima pada jalur sebelumnya atau peserta yang mengalami kendala.

"Misalnya ada peserta yang terlambat menyelesaikan pendaftaran, bisa memanfaatkan jalur ini," terang Dr. Sukarmin seperti dikutip dari laman Unesa, Rabu (27/7/2022).

Baca juga: Mahasiswa, Ini 7 Profesi Lain di Industri Animasi Selain Jadi Animator

Ikuti tes secara daring dari rumah

Sukarmin menambahkan, bahwa jalur mandiri SPMB reguler ini termasuk kelompok Tes Masuk Unesa Berbasis Komputer (TMUBK) untuk sarjana (S1) dan sarjana terapan (D4). Penyelenggaraan tesnya memang berbasis komputer secara daring.

"Nanti peserta tidak perlu datang ke kampus, tesnya bisa di kediaman masing-masing," ucapnya.

Materi yang diujikan yaitu kemampuan potensi akademik (TKPA) dan Saintek atau Soshum. Calon mahasiswa yang tertarik mendaftar jalur mandiri SPMB Reguler Unesa perlu membayar melalui virtual account BTN.

"Kalau yang pilih satu prodi biaya pendaftaran Rp 300.000 dan Rp 400.000 bagi peserta yang memilih dua prodi," imbuhnya.

Baca juga: Mau Kuliah S1 di Turki? Daftar Beasiswa Abdullah Gül University

Persyaratan jalur mandiri SPMB reguler Unesa

Syarat jalur ini sebagai berikut:

1. Warga negara Indonesia.

2. Lulusan SMA/MA/SMK/sederajat tahun 2020, 2021 atau 2022 yang dibuktikan dengan ijazah atau surat keterangan lulus untuk lulusan tahun 2022.

Peserta bisa memilih dua prodi

Peserta yang memilih prodi-prodi keolahragaan dan seni serta belum memiliki nilai portofolio dari LTMPT, wajib mengupload dokumen portofolio.

Informasi lebih lanjut pendaftaran jalur SPMB Reguler Unesa bisa melalui laman sipenmaru Unesa, https://sipenmaru.unesa.ac.id.

Baca juga: PTPN XII Buka Lowongan Kerja bagi D3/S1, Segera Daftar

Untuk informasi terkait jurusan atau prodi bisa mengunjungi laman https://admisi.unesa.ac.id.

Itulah informasi mengenai pendaftaran mahasiswa baru Unesa jalur mandiri SPMB reguler untuk program S1 dan D4. Buruan manfaatkan kesempatan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com