Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih Dibuka Pendaftaran Jalur Mandiri Reguler Unesa, Ini Infonya

Kompas.com - 26/07/2022, 12:49 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Bagi yang ingin kuliah di kampus negeri atau perguruan tinggi negeri (PTN), Universitas Negeri Surabaya (Unesa) masih membuka pendaftarannya.

Adapun pendaftaran Jalur Mandiri SPMB Reguler Unesa mulai 25-29 Juli 2022. Jadi, calon mahasiswa masih ada kesempatan untuk bisa kuliah di PTN.

Menurut Dr. Sukarmin, M.Pd., selaku Kepala Satuan Admisi Unesa, informasi ini bagi calon mahasiswa yang tidak diterima pada jalur-jalur sebelumnya.

Baca juga: Demi Tes di Unesa, Peserta Disabilitas dari Aceh Ini Naik Bus Berhari-hari

"Jalur reguler ini memang untuk memberikan kesempatan kepada peserta yang belum diterima pada jalur sebelumnya atau peserta yang mengalami kendala, misalnya terlambat menyelesaikan pendaftaran," ujarnya dikutip dari laman Unesa, Selasa (26/7/2022).

Dikatakan, jalur mandiri SPMB reguler ini termasuk kelompok Tes Masuk Unesa Berbasis Komputer (TMUBK) untuk sarjana (S1) dan sarjana terapan (D4).

Adapun penyelenggaraan tesnya memang berbasis komputer secara daring. "Nanti peserta tidak perlu datang ke kampus, tesnya bisa di kediaman masing-masing," tuturnya.

Jalur SPMB Reguler

Jika kamu ingin mendaftar, maka ini materi yang dites yaitu kemampuan potensi akademik (TKPA) dan saintek atau soshum. Syarat jalur ini sebagai berikut:

1. Warga negara Indonesia.

2. Lulusan SMA/MA/SMK/sederajat tahun 2020, 2021 atau 2022 yang dibuktikan dengan ijazah atau surat keterangan lulus untuk lulusan tahun 2022.

Baca juga: Dosen UGM: Ini 4 Macam Aktivitas Fisik bagi Tubuh

3. Peserta bisa memilih dua prodi

4. Peserta yang memilih prodi-prodi keolahragaan dan seni serta belum memiliki nilai portofolio dari LTMPT, wajib mengupload dokumen portofolio.

Sedangkan informasi lebih lanjut pendaftaran jalur SPMB Reguler Unesa bisa melalui laman sipenmaru Unesa, https://sipenmaru.unesa.ac.id. Untuk informasi terkait jurusan atau prodi bisa mengunjungi laman https://admisi.unesa.ac.id.

Saat pendaftaran, peserta membayar melalui virtual account BTN. Kalau yang pilih satu prodi bayarnya Rp 300 ribu dan Rp 400 ribu untuk dua prodi.

Jalur SPMB Beasiswa Kaltim

Sementara jalur SPMB Reguler, Unesa juga masih membuka pendaftaran Jalur Mandiri Unesa SPMB Beasiswa Kalimantan Timur untuk prodi S1 Pendidikan Luar Biasa (PLB). Pendaftaran dibuka 25-29 Juli 2022. Tes dilaksanakan pada 31 Juli 2022.

Syarat pendaftaran peserta:

  1. Jalur ini ditujukan bagi peserta yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kalimantan Timur.
  2. Merupakan lulusan SMA/MA/SMK/Paket C atau sederajat angkatan 2020, 2021 dan 2022 yang dibuktikan dengan ijazah atau surat keterangan lulus untuk lulusan tahun 2022.
  3. Peserta akan melalui ujian tulis berbasis komputer dengan materi tes; potensi akademik dan soshum.
  4. Peserta hanya dapat memilih prodi S-1 Pendidikan Luar Biasa (PLB).
  5. Seleksi atau tes akan dilaksanakan secara daring atau online.

Baca juga: Michelle, Pebisnis Muda dan Wisudawan Terbaik UPN Jogja Beri Tips Manajemen Waktu

Peserta yang lolos beasiswa ini bebas sumbangan pengembangan institusi (SPI), uang kuliah tunggal (UKT) dan mendapat uang saku selama 8 semester atau empat tahun.

"Beasiswa kerja sama ini atas kerja sama Unesa dengan Pemprov Kaltim lewat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kaltim," jelas Sukarmin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com