Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Cara Membangun Leadership di Tempat Kerja

Kompas.com - 25/07/2022, 18:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Alifia Riski Monika dan Brigitta Valencia Bellion

KOMPAS.com - Dalam dunia pekerjaan, ada banyak kemampuan yang dibutuhkan untuk menunjang kinerja. Komunikasi, public speaking, dan mudah beradaptasi, mungkin jadi sebagian kecil soft skills yang harus dimiliki di dunia kerja.

Tak hanya itu, kemampuan memimpin dan mempunyai jiwa kepemimpinan juga penting dimiliki. Nantinya, seorang pemimpin bukan hanya pandai menyuruh orang lain, tetapi juga harus bisa memotivasi anggota timnya untuk memberikan hasil yang terbaik dalam pekerjaan.

Bersama Mincot dari HRD Bacot, siniar Obsesif bertajuk “Leadership di Tempat Kerja”, akan membahas kiat menjadi seorang pemimpin yang baik melalui berbagai tahapan yang harus dilalui hanya di Spotify.

Kepemimpinan bukanlah sesuatu yang bisa didapat hanya dengan mempelajarinya lewat buku. Kepemimpinan sering digambarkan sebagai seperangkat perilaku dan keterampilan yang dapat dilatih dan ditingkatkan.

Mengembangkan keterampilan kepemimpinan yang hebat tentu membutuhkan pengalaman langsung. Dalam dunia pekerjaan, tiap karyawan atau anggota tim tentu membutuhkan keterampilan kepemimpinan yang baik.

Kepemimpinan yang baik adalah yang mampu berkomunikasi, memotivasi, dan merencanakan rencana secara efektif. Hasil dari kepemimpinan yang efektif adalah memiliki tim yang lebih kuat dan produktivitas kinerja yang meningkat.

Baca juga: 5 Tahap Pengembangan Karier Cemerlang

Kemampuan Dasar yang Harus Dimiliki Pemimpin

Mincot memberikan beberapa kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh pemimpin.

  1. Empati agar bisa memahami kesulitan dari timnya.
  2. Komunikasi, agar tidak terlalu ditakuti timnya. Gunakan bahasa yang jauh lebih persuasif, dan lebih merangkul.
  3. Manajemen, berkaitan dengan bagaimana kita mengelola tim dan mendistribusikan tugas sesuai kemampuan
  4. Kemampuan observasi.

Saat pertama kali ditunjuk sebagai pemimpin, mungkin kita akan bingung bagaimana memulai untuk menghadapi dinamika tim saat bekerja. Mincot mengatakan, semakin tinggi posisi yang diduduki, semakin sedikit masalah teknis. Sisanya, kita hanya perlu mengasah soft skills, karena tidak ada kaya selesai untuk mempelajarinya.

Business News Daily juga mencatat beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjadi seorang pemimpin yang baik.

  1. Bentuklah komunikasi yang jujur dan terbuka.
  2. Bangunlah hubungan yang baik dengan anggota tim.
  3. Dukung pertumbuhan kinerja pribadi anggota tim.
  4. Bersikap positif.
  5. Lebih baik mendampingi anggota tim, dari pada memberikannya perintah.
  6. Tentukan tujuan dan ekspektasi bersama anggota tim.
  7. Berikanlah masukan terkait kinerja anggota tim.
  8. Tanyakanlah bagaimana mereka melihat cara kita memimpin.
  9. Terbuka dengan pemikiran baru.
  10. Pahami motivasi kita sendiri.

Kesulitan yang Dihadapi saat Pertama Kali Memimpin

Saat pertama kali memimpin tentu banyak kesulitan yang harus dilewati. Kita akan menemukan kesulitan membangun kepercayaan antar anggota tim, kita bisa mewujudkannya dengan membantu kesulitan anggota tim.

“Prinsipnya, ketika ada yang kesusahan, kita harus bantu dia dan biarkan dia bisa berkembang dari sebelumnya. Sentimennya bisa berbalik positif,” ujar Mincot dari HRD Bacot.

Jika memiliki tim yang anggotanya kebetulan adalah senior kita, maka tugas kita adalah memahami dasar dan detail dari operasional tim, agar menghindari kejadian yang tidak diinginkan seperti dibohongi oleh senior.

Baca juga: Seluk beluk Perjanjian Kerja yang Perlu Dipahami Fresh Graduate

Menjadi pemimpin berarti harus paham dengan tanggung jawab masing-masing. Jangan mengerjakan semua pekerjaan sendirian. Bimbing anggota tim agar pekerjaan yang dikerjakan terjaga kualitasnya dan sesuai yang diharapkan.

“Kalo punya leader bagus, jangan lupa duplicate semua hal yang baik. Kalo leader gak baik, jadikan pengalaman itu sebagai bahan pembelajaran, gunanya untuk memutus generasi leader dengan attitude yang sama,” tutup Mincot.

Simak pembahasan lengkap “Leadership di Tempat Kerja” yang bisa kamu akses melalui tautan berikut https://dik.si/obsesifS5E24. Dengarkan siniar OBSESIF season 5 yang berkolaborasi dengan SSAJ Associates dan HRD Bacot, membahas serba-serbi dunia kerja dari perspektif perusahaan serta hak dan kewajiban yang wajib kamu ketahui!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com