Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur SIMA UTBK, Unand Sediakan Kuota 1.139 Mahasiswa Baru

Kompas.com - 11/07/2022, 15:17 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Andalas (Unand) kembali membuka jalur SIMA UTBK bagi calon mahasiswa yang tidak lolos melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Setelah sebelumnya Unand membuka jalur SIMA Nilai Ujian.

Baca juga: Sering Minum Kopi? Ini 5 Dampaknya Kata Pakar Kesehatan UM Surabaya

Wakil Rektor I Unand, Prof. Mansyurdin mengatakan, pendaftaran mahasiswa baru jalur SIMA Nilai UTBK bisa dilakukan melalui laman https://pmbm.unand.ac.id.

"Melalui jalur ini tersedia kuota sekitar 1.139 atau 40 persen dari total penerimaan SIMA Universitas Andalas sebanyak 2.849 mahasiswa baru," kata dia melansir laman Unand, Senin (11/7/2022).

Dia mengatakan, jalur ini hanya menggunakan nilai UTBK dengan mencantumkan nomor peserta UTBK pada saat pengisian borang registrasi.

Dia menyebut, peserta yang memiliki nilai UTBK Saintek wajib memilih Prodi Saintek.

Sedangkan peserta yang memiliki UTBK Soshum maka wajib memilih Prodi Soshum.

"Begitu juga campuran (Saintek dan Soshum)," ucap Prof. Mansyur.

Baca juga: Profesor IPB: Tempe Jenis Makanan Baik bagi Penderita Diabetes

Setiap peserta, sambung dia, dapat memilih 2 Prodi Saintek, Soshum atau Campuran (Saintek dan Soshum).

Staf Ahli Bidang Akademik Unand, Dr. Syofyan mengatakan, SIMA Akademik Nilai UTBK ini pendaftarannya tinggal beberapa hari lagi yang telah dibuka sejak 28 Juni – 13 Juli 2022.

"Semua proses seleksinya dilakukan secara online berbeda dengan SIMA Akademik Nilai Ujian yang ujiannya dilakukan secara offline di Kampus Limau Manis Unand selama 2 hari," ucap dia.

Lanjut dia mengatakan, untuk pengumuman hasil akan diumumkan pada 17 Juli 2022 melalui laman https://hasil.pmbm.unand.ac.id.

Bagi mahasiswa yang ingin mengetahui informasi terkait penerimaan mahasiswa dapat mengunjunggi laman https://pmb.unand.ac.id.

Baca juga: Psikolog UM Surabaya: Ini 4 Dampak Saat Bangun Tidur Langsung Buka HP

Bisa juga dengan mengikuti media social resmi Universitas Andalas baik Instagram, Facebook, dan Twitter yakni @unandofficial.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com