Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kontes Robot Indonesia 2022 Picu Semangat Mahasiswa Berkarya di Bidang Robotika

Kompas.com - 07/07/2022, 17:40 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Kontes Robot Indonesia (KRI) Tingkat Nasional tahun 2022 sukses digelar secara luring oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) setelah sebelumnya digelar secara luring selama pandemi Covid-19.

Kontes yang diselenggarakan di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) pada 29 Juni hingga 3 Juli 2022 ini menghadirkan tim yang telah lulus tahap 1 dan 2 tingkat Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) wilayah masing-masing.

Pelaksana tugas Kepala Pusat Prestasi Nasional (Plt. Kapuspresnas), Asep Sukmayadi mengatakan, kontes robot ini dinantikan kehadirannya oleh seluruh peserta.

“Kita melihat bahwa pertemuan secara langsung, bagaimanapun itu lebih bermakna. Karena kita berkewajiban untuk memfasilitasi mahasiswa untuk bertatap langsung tidak bisa selamanya secara on screen. Bahkan, saat tim menyentuh semua komponen robot yang mereka kembangkan menjadi cerminan semangat mereka dalam menuangkan ide (berkarya),” tutur Asep dilansir dari laman Kemendikbud Ristek.

Baca juga: Lulusan S1, Kemendikbud Perpanjang Pendaftaran Pendidikan Profesi Guru

Kegiatan KRI tahun 2022 dilaksanakan sebanyak enam divisi. Divisi yang dilombakan adalah Divisi Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Divisi Kontes SAR Indonesia (KRSRI), Divisi Kontes Robot Tematik (KRTMI), Divisi Kontes Seni Tari Indonesia (KRSTI), Divisi Kontes Sepak Bola Indonesia Beroda (KRSBI-Beroda), dan Divisi Kontes Robot Sepak Bola Humanoid (KRSBI-Humanoid).

Adapun pemenang untuk divisi KRAI adalah tim RIDER dari ITS sebagai juara pertama, tim Garudago dari Institut Teknologi Bandung (ITB) sebagai juara kedua, tim EIRA dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) sebagai juara ketiga, dan tim ABUROBONEMA dari Politeknik Negeri Malang sebagai juara harapan.

Di samping itu, ada tim EIRA yang menjadi juara untuk desain terbaik dan tim RIDER sebagai strategi terbaik.

Sementara untuk divisi KRSRI, juara pertama diraih oleh tim EILERO dari PENS, juara kedua diraih oleh tim DOME dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), juara ketiga diraih oleh tim ABINARA-1 dari ITS, dan juara harapan diraih oleh tim Gareng Punk dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Baca juga: Ingin Magang di BUMN? Ini Link Pendaftaran Magang Bersertifikat 2022

Sedangkan pemenang desain terbaik diraih oleh tim DEWAYANI dari Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dan strategi terbaik diraih oleh tim EILERO.

Kemudian, untuk divisi KRTMI, juara pertama diraih oleh tim RIVAL dari ITS, juara kedua diraih oleh tim RR EL GANADOR dari Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), juara ketiga diraih oleh tim Genesis dari ITB, dan juara harapan diraih oleh tim ROBOTAN 1.0 dari Universitas Jember (UNEJ).

Adapun pemenang desain terbaik diraih oleh tim RIVAL dan strategi terbaik diraih oleh tim ROBOTAN 1.0.

Lalu, untuk divisi KRSTI, juara pertama diraih oleh Alfan dari Universitas Gadjah Mada (UGM), juara kedua diraih oleh tim ERISA dari PENS, juara ketiga diraih oleh tim Lanange Jagad dari Universitas Ahmad Dahlan (UAD), dan juara harapan diraih oleh tim ROSEMERY dari UNY. Untuk desain dan artistik terbaik diraih oleh Alfan.

Selanjutnya, untuk divisi KRSBI-Beroda, juara pertama diraih oleh tim IRIS dari ITS, juara kedua diriah oleh tim ERSOW dari PENS, juara ketiga diraih oleh tim USEROS dari Universitas Semarang (USM), dan juara harapan diraih oleh tim Enspartan dari Universitas Brawijaya (UB).

Untuk desain terbaik diraih oleh tim ERSOW dan strategi terbaik diraih oleh tim IRIS.

Baca juga: BCA Buka Magang Bakti 1 Tahun Lulusan SMA-SMK dan D1-S1, Segera Daftar

Pada Divisi KRSBI-Humanoid, juara pertama diraih oleh tim ICHIRO dari PENS, juara kedua diraih oleh tim Barelang FC dari Politeknik Negeri Batam, juara ketiga diraih oleh tim EROS dari PENS, dan juara harapan diraih oleh tim GANDAMANA dari Unesa.

Pemenang untuk desain terbaik diraih oleh tim EROS dan strategi terbaik diraih oleh tim ICHIRO.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com