Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Magang di BUMN? Ini Link Pendaftaran Magang Bersertifikat 2022

Kompas.com - 07/07/2022, 09:55 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Bagi mahasiswa yang kini tengah mencari kesempatan magang, sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) membuka pendaftaran Magang Bersertifikat Kampus Merdeka 2022.

Melansir laman Kampus Merdeka, pendaftaran dibuka hingga 10 Juli 2022. BUMN yang masuk dalam daftar pemberi magang antara lain PLN, BRI, Petrokimia Gresik, dan BPJS Ketenagakerjaan. Masing-masing BUMN tersebut membuka banyak posisi yang bisa didaftarkan oleh mahasiswa.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Nadiem Anwar Makarim mengungkapkan bahwa MSIB bukanlah program magang atau studi independen biasa.

Baca juga: Kemendikbud Buka Lowongan Kerja Magang, Cek Formasi dan Cara Daftar

MSIB merupakan salah satu program Kampus Merdeka yang dirancang untuk memastikan para mahasiswa mendapatkan kompetensi terbaik, kompetensi terkini, dan kompetensi terdepan untuk menghadapi dunia masa depan.

Mitra Industri yang menjadi rekanan untuk MSIB adalah perusahaan dan organisasi kelas dunia yang sudah terjamin kredibilitasnya, sehingga mahasiswa mendapatkan bimbingan (mentoring) dari para ahli yang berpengalaman.

“Ketika kami meluncurkan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), saya berpesan kepada para mahasiswa untuk menghadapi tantangan di lautan dunia nyata. Mereka harus menjadi perenang yang andal, yang menguasai berbagai macam gaya, sehingga bisa menghadapi angin, menghadapi ombak mulai dari yang terkecil sampai yang terbesar,” jelas Mendikbudristek pada Sosialisasi Program MSIB Angkatan 3 yang diselenggarakan secara daring, pada bulan Mei lalu.

Sejak diluncurkan pada 2021, program MSIB telah menerjunkan lebih dari 37.000 mahasiswa di lebih dari 250 mitra. Jumlah ini tersebar di angkatan 1 dan angkatan 2 yang saat ini masih menjalani aktivitas magang dan studi independen.

Baca juga: Pertamina Foundation Buka Lowongan Kerja Lulusan S1 Banyak Jurusan

Program MSIB dapat diikuti oleh mahasiswa yang terdaftar pada program Diploma II serendah-rendahnya pada jenjang semester 3, mahasiswa program Diploma III serendah-rendahnya pada jenjang semester 4, dan mahasiswa program Sarjana atau Sarjana Terapan serendah-rendahnya pada jenjang semester 5 pada saat Program MSIB ini dimulai.

Selain BUMN, ada banyak sektor industri yang juga membuka lowongan magang bagi mahasiswa, seperti di sektor teknologi, kesehatan dan pelayanan, lembaga multirateral dan nonprofit, jasa dan lainnya.

Untuk melihat posisi dan mendaftar magang, dapat kunjungi laman https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/program/magang 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com