Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tingkatkan Produktivitas Bawang Putih di Tegal, BI dan IPB Bangun Learning Center

Kompas.com - 27/06/2022, 13:54 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Sebanyak 116 mahasiswa IPB University mengikuti Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) di Kabupaten Tegal. Diharapkan mahasiswa benar-benar siap terjun mengabdi pada masyarakat.

Menurut Prof. Arif Satria selaku Rektor IPB University, program KKN-T ini dimaksudkan untuk meningkatkan soft skill mahasiswa dan mengaplikasikan bidang ilmunya dalam menggerakkan masyarakat bersama pemerintah.

Ia berharap mahasiswa dapat membangun legacy dan jejak di desa-desa lokasi KKN-T. Mahasiswa juga dapat menebar inspirasi dan karya. Karena itulah yang membuat manusia bermanfaat bagi orang lain.

Baca juga: Guru Besar IPB: Ini Cara Tingkatkan Produktivitas Bawang Putih Lokal

Menurutnya, kolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Tegal tidak hanya sebatas KKN-T, IPB University juga akan merintis learning centre bawang putih.

Adapun rintisan learning centre Bawang Putih merupakan kolaborasi dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Tegal yang telah membangun fasilitas learning centre berupa gedung bangsal belajar dan greenhouse senilai Rp 367 juta melalui anggaran Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) tahun 2021.

Sedangkan pada 2022 Kantor Perwakilan Bank Indonesia akan membantu penataan infrastruktur lingkungan dan sarana sarana pembelajaran sebesar Rp 300 juta.

Learning centre yang akan diresmikan pada awal Agustus 2022 selanjutnya akan dikelola oleh Kelompok Tani Berkah Tani Tuwel dibawah binaan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tegal.

Melalui kolaborasi ini IPB University akan menyiapkan modul pembelajaran, konsep teaching factory, dan sumber daya manusia dosen dan mahasiswa.

Inovasi ini juga diharapkan dapat membantu percepatan dan peningkatan produktivitas bawang putih di Kabupaten Tegal. Caranya dengan teknologi percepatan masa dormansi bawang putih hanya menjadi dua bulan saja.

"Dengan teknologi dan pendekatan inovasi yang baik, produktivitas bawang putih yang dihasilkan bisa mencapai 20-30 ton per hektar," ujarnya seperti dikutip dari laman IPB University, Jumat (24/6/2022).

Produktivitas itu naik dibandingkan rata-rata nasional hanya 10 ton saja. "Bila dikembangkan lebih jauh maka Indonesia akan bisa mandiri bawang putih," harapnya.

Dengan hadirnya mahasiswa KKN-T dan teknologi yang dikembangkan IPB University, masyarakat dapat merasakan dampak positif dari keberadaan kampus pertanian ini.

"Tentu dengan kolaborasi yang baik bersama membangun Kabupaten Tegal," imbuhnya.

Rektor IPB University datang ke Tegal untuk melakukan penandatanganan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tegal sekaligus penerimaan mahasiswa KKN-T.

Baca juga: IPB-KLHK Komitmen Kurangi Emisi Gas Rumah Kaca

Berharap bisa bangkit lagi

Sementara Ir. Umi Azizah selaku Bupati Tegal dalam sambutannya juga turut bangga dan menerima kedatangan mahasiswa KKN-T dengan hangat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com