Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa, Ini Arti Focus Group Discussion hingga Tujuan Menjalaninya

Kompas.com - 23/06/2022, 14:59 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Focus Group Discussion (FGD) adalah cara yang baik untuk mengumpulkan orang-orang dari latar belakang atau pengalaman yang sama untuk membahas topik tertentu yang menarik, termasuk Market Research Indonesia.

Biasanya pelaksanaan FGD dilakukan oleh instansi, kampus maupun organisasi. Maka dari itu, penting untuk diketahui oleh mahasiswa maupun masyarakat luas terkait arti FGD secara luas.

Baca juga: 192.810 Peserta yang Diterima PTN Lewat Jalur UTBK-SBMPTN 2022

Saat pelaksanaan FGD, kelompok peserta dipandu oleh seorang moderator (fasilitator kelompok) yang memperkenalkan topik diskusi dan membantu kelompok untuk berpartisipasi dalam diskusi yang hidup dan alami di antara mereka sendiri.

Kekuatan Focus Group Discussion bergantung pada memungkinkan para peserta untuk setuju atau tidak setuju satu sama lain.

Sehingga bisa memberikan wawasan tentang bagaimana suatu kelompok berpikir tentang suatu masalah, tentang berbagai pendapat dan ide, dan inkonsistensi dan variasi yang ada dalam komunitas tertentu dalam hal keyakinan dan pengalaman serta praktik mereka.

FGD dapat digunakan untuk menggali makna dari temuan survei yang tidak dapat dijelaskan secara statistik serta untuk mengumpulkan berbagai pendapat/pandangan tentang topik yang diminati.

Dalam menjembatani penelitian dan kebijakan, FGD dapat bermanfaat dalam memberikan wawasan tentang perbedaan pendapat di antara berbagai pihak yang terlibat dalam proses perubahan, sehingga memungkinkan proses tersebut dapat dikelola dengan lebih lancar. Ini juga merupakan metode yang baik untuk digunakan sebelum merancang kuesioner.

Bagaimana proses dalam Focus Group Discussion?

Sebuah FGD harus dirancang sedemikian rupa untuk dapat secara efektif mendiskusikan hal penting. Artinya, persiapan perlu dilakukan mulai dari menyusun pertanyaan sampai dengan proses perekaman harus dilakukan dengan baik.

Baca juga: 10 PTN Penerima Peserta KIP Kuliah Terbanyak Jalur UTBK-SBMPTN 2022

Langkah selanjutnya adalah mengidentifikasi dan mengundang peserta diskusi yang sesuai jumlah yang ideal adalah antara 6 dan 8 orang.

Elemen penting dari FGD adalah fasilitasi. Beberapa hal penting yang perlu diingat dalam memfasilitasi FGD adalah memastikan partisipasi yang merata, kata-kata yang hati-hati untuk pertanyaan kunci, menjaga sikap dan penampilan yang netral, serta meringkas sesi untuk mencerminkan pendapat secara merata dan adil.

Sebuah laporan rinci harus disiapkan setelah sesi selesai. Setiap pengamatan selama sesi harus dicatat dan dimasukkan dalam laporan.

FGD juga bisa dilakukan secara online. Ini sangat berguna untuk mengatasi penghalang jarak. Sementara diskusi perlu dibatasi. Lalu format tertulis dapat membantu pelaporan selama FGD.

Focus group paling baik didefinisikan sebagai sekelompok kecil peserta yang dipilih dengan cermat yang berkontribusi pada diskusi terbuka untuk penelitian.

Organisasi penyelenggara FGD harus siap untuk mempersiapkan para anggota untuk dapat berpartisipasi dengan baik.

FGD mungkin melihat produk baru, pembaruan fitur atau topik menarik lainnya untuk menggeneralisasi reaksi seluruh populasi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com