Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ukrida dan Binus Sinergi Lahirkan Inovasi Ruang Interaktif untuk ABK

Kompas.com - 21/06/2022, 14:03 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida) dan Bina Nusantara (Binus) University menjalin kolaborasi merancang ruangan interaktif bagi anak berkebutuhan khusus (ABK), khususnya down syndrome.

Kerja sama dilakukan antara Ukrida Science Center (USC) bersama dengan tim dosen Jurusan Sistem Komputer dan Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Binus Unviversity.

Peresmian ruang interaktif anak berkebutuhan khusus di Komplek Ukrida Kampus I dilakukan oleh Rektor Ukrida Wani Devita Gunardi dan Vice Rector Research and Technology Transfer Binus University Prof. Tirta Nugraha Mursitama pada Senin, 20 Juni 2022.

“Saya terharu saat menyaksikan publikasi mengenai ruang ini di Youtube, anak-anak berkebutuhan khusus terlihat sangat senang bermain di dalam ruang simulasi tersebut, dan tentunya akan berdampak kepada anak-anak tersebut dalam keterbatasan mereka," ungkap Rektor Ukrida Wani Devita.

"Produk inovasi hasil kerjasama dengan judul Affordable Technology for Empowering Society ini memotivasi kita sebagai akademisi untuk meningkatkan kontribusi bagi masyarakat," tambahnya.

"Saya berharap kolaborasi berlanjut menghasilkan inovasi yang menjadi corporate social responsibility (CSR) melalui karya bersama," ujar Rektor Ukrida.

Dalam kesempatan sama, Prof. Tirta Nugraha, Vice Rector Research and Technology Transfer Binus University turut memberikan apresiasi atas kolaborasi unggulan para peneliti dari kedua universitas.

“Kolaborasi dalam hasil inovasi ini akan menjawab kebutuhan masyarakat, dan merupakan langkah awal yang sangat baik dengan menghadirkan ruang interaktif bagi anak-anak penderita down syndrome,” jelas Prof. Tirta.

Prof. Tirta menambahkan, ke depan program ini akan melibatkan pihak ketiga, seperti sekolah, pemerintah, perusahaan, dan masyarakat.

Baca juga: Kemendikbud Ristek Gelar Lomba Literasi Cerahkan Negeri bagi Siswa ABK

Ruang interaktif untuk ABK

Ruang simulasi ini diperuntukkan bagi anak-anak penderita down syndrome dan anak-anak yang memiliki tingkat IQ di bawah 70.

Di dalam ruang interaktif dan simulasi ini terdapat sebuah layar sentuh dan berbagai macam tombol. Anak berkebutuhan khusus diminta untuk menekan tombol yang menyala, terdapat juga layar sentuh yang menampilkan instruksi untuk menulis angka yang tertera di layar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com