Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahesa, Mahasiswa UI yang Sukses Jadi Atlet Nasional dan Internasional

Kompas.com - 21/06/2022, 12:57 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Sosok pria itu bernama Barijani Mahesa Putra atau biasa dipanggil Mahesa. Namanya mencuat di panggung nasional berkat prestasi sebagai atlet sepatu roda yang menggondol banyak penghargaan.

Mahesa berhasil memadukan prestasi dari luar kampus dan dari dunia akademik.

Baca juga: Pengendara Motor Diimbau Tidak Pakai Sandal Jepit, Ini Kata Pakar UGM

Mahaesa merupakan mahasiswa Program Studi (Prodi) Hubungan Masyarakat, Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (UI) yang menyabet gelar Mahasiswa Berprestasi UI 2022 Tingkat Program Vokasi.

Mahesa akan mewakili UI pada Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Nasional program Diploma 2022, yaitu tahap seleksi wilayah dan seleksi Nasional.

Sebelumnya, dia berkompetisi dengan belasan peserta lain dalam ajang Mahasiswa Berprestasi UI Tingkat Program Vokasi dan menjadi finalis 3 besar.

Ketiganya kemudian berkompetisi di tingkat UI untuk meraih gelar Mahasiswa Berprestasi Utama UI Tingkat Program Vokasi.

Juara 1 diraih oleh Barijani Mahesa Putra, dan diikuti oleh Stephanie Nuriani Janice (Juara 2), dan Saskia Dyra E. P. (Juara 3).

Mahesa mengaku bangga sekali rasanya bisa membuktikan kalau ternyata dirinya dapat berprestasi di bidang akademik, bukan hanya berkompetisi di bidang olahraga.

Kompetisi ini menjadi bentuk validasi diri dan pembuktikan, bahwa atlet juga bisa beprestasi di akademik.

"Stigma yang mengatakan bahwa atlet hanya dapat berprestasi di bidang nonakademik menjadi motivasi saya untuk menghapuskan stigma tersebut," ungkap dia melansir laman UI, Selasa (21/6/2022).

Mahesa tercatat sebagai atlet sepatu roda DKI Jakarta yang telah menorehkan berbagai prestasi tingkat nasional dan internasional.

Baca juga: PHK Massal Startup, Pakar Unair: Perusahaan Wajib Beri Pesangon

Beberapa prestasi yang diraihnya, antara lain Juara 1 Team Time Trial (TTT) 10 km Putra dalam PON XX Papua 2021, Juara 1 Sprint 500M+D Putra dalam PON XX Papua 2021, Juara 1 3000m Rellay JIRTA Friendly Competition 2021, dan lainnya.

Pada tingkat internasional, Mahesa juga telah menyumbangkan dua medali emas dan satu perak pada Malaysia Open 2013, satu medali perak dan satu medali perunggu pada Malaysia Open 2015, dan satu medali emas pada Half Marathon 21km di New York, Amerika Serikat pada 2018.

Dia juga beberapa kali mewakili Indonesia dalam kompetisi sepatu roda, seperti World Roller Games di Barcelona, Spanyol pada 2019 dan World Championship di Heerde, Belanda pada 2018.

Kemenangan yang diraihnya selama ini merupakan hasil kerja keras, menyeimbangkan dunia kampus dan olah raga.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com