Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Calon Mahasiswa, Intip Keunggulan 5 Prodi PSDKU Unpad Pangandaran

Kompas.com - 20/06/2022, 12:20 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Padjadjaran (Unpad) selain memiliki kampus di Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat juga memiliki Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) Universitas Padjadjaran di Pangandaran.

Dalam penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2022/2023, PSDKU Unpad Pangandaran membuka kesempatan bagi calon mahasiswa untuk dapat bergabung.

Terdapat sejumlah keunggulan dan kekhasan dari setiap program studi di PSDKU Unpad Pangandaran.

Baca juga: United Tractors Buka Lowongan Kerja bagi D3/S1, Buruan Daftar

1. Perikanan

Salah satu program studi di PSDKU Unpad Pangandaran, yaitu Perikanan. Prodi Perikanan PSDKU Unpad Pangandaran memiliki kekhasan dalam pengembangan ilmu pengetahuan di bidang perikanan dan kelautan di kawasan tropis.

"Memang kita berharap bahwa lokasi kita yang berada di Pangandaran ini memberikan dampak yang sangat luar biasa. Kita berharap, karena lokasinya berada di kawasan pesisir, kita bisa memberikan kontribusi yang signifikan," kata Ketua Program Studi Perikanan PSDKU Unpad Pangandaran Alexander seperti dikutip dari laman Unpad, Minggu (19/6/2022).

Alexander mengatakan, lulusan Perikanan PSDKU Unpad dapat menjadi akademisi dan peneliti di kawasan pesisir dan pengembangan perikananan.

Selain itu, prospek lulusan program studi ini pun dapat menjadi entrepreuneur di bidang perikanan dan pengelola pariwisata di kawasan pesisir, mengisi posisi manajerial di instansi, konsultan di kawasan pesisir dan kawasan pengembangan perikanan.

Lulusan juga diharapkan dapat menjadi penggerak pembangunan masyarakat di kawasan pesisir. Alexander mengungkapkan, progam studi Perikanan PSDKU Unpad ini bukan hanya membekali mahasiswa secara teori tetapi juga praktiknya.

"Kebetulan lokasi kita di kawasan pesisir, sehingga memudahkan aksesibilitas kita untuk melakukan kajian-kajian di kawasan pesisir," ujarnya.

Baca juga: Orangtua, Seperti Ini Tips Berkomunikasi dengan Anak Usia Remaja

2. Peternakan

Sementara itu, Ketua Program Studi Peternakan PSDKU Unpad Hendi Setiyawan menambahkan, program studi Peternakan di Pangandaran ini memiliki kekhasan kajian mengenai sumber daya alami dan ternak tropis.

"Pengembangan peternakan ke arah produksi peternakan torpis merupakan unggulan kami dan bisa menjadi komoditas bisnis di bidang peternakan," ungkap Hendi.

Prodi ini pun memiliki kurikulum yang terbarui serta dosen-dosen yang ahli di bidangnya. Kegiatan pembelajaran didukung oleh fasilitas yang memadai.

3. Ilmu Komunikasi

Prodi lain, Ilmu Komunikasi pun memilik kekhasan, khususnya terkait komunikasi pariwisata. Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Ilham Gemiharto menyampaikan, dengan lokasi di Pangandaran, ada banyak hal yang dapat dipelajari di wilayah ini.

"Komunikasi pariwisata menjadi salah satu ilmu komunikasi yang dominan dari Ilkom PSDKU," ujar Ilham.

Ilham mengungkapkan, ada banyak materi kuliah menarik yang akan didapat di Ilmu Komunikasi PSDKU Pangandaran, termasuk komunikasi kesehatan, komunikasi media, dan komunikasi politik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com