Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Gramedia Solo Slamet Riyadi, Ada Paket Sekolah dengan Harga Miring

Kompas.com - 20/06/2022, 07:07 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Usai pemerintah memberikan kelonggaran lantaran pandemi Covid-19 terkendali, kini pergerakan ekonomi mulai tumbuh.

Seperti halnya yang dilakukan Gramedia Solo Slamet Riyadi, Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah. Sejak Mei 2022, toko buku tersebut mulai mengadakan berbagai kegiatan. Salah satu agendanya ialah "Selat Solo" atau Semarak Literasi Solo.

Menurut Novia Anggrainy, selaku Sales Superintendent Gramedia Solo Slamet Riyadi kepada Kompas.com, Minggu (19/6/2022), kegiatan Selat Solo ialah pameran buku serta talkshow.

Baca juga: Apa Keuntungan Siswa SMK Ikut Program D2 Fast Track? Ini Penjelasannya

"Jika saat pandemi talkshow digelar secara online, kini sudah offline dengan mengundang penulis buku serta pengunjung," ujarnya.

Tetap menerapkan prokes

Ternyata, pengunjung sangat antusias. Ada sekitar 200 pengunjung yang ikut talkshow. Meski demikian, pihaknya tetap menerapkan aturan protokol kesehatan dengan ketat pada semua pengunjung.

Seperti menyediakan alat cuci tangan, cek suhu tubuh, scan aplikasi Peduli Lindungi, hand sanitizer serta wajib pakai masker di dalam toko.

"Kami juga bekerja sama dengan beberapa bank untuk melayani pembayaran non tunai. Ini untuk mengurangi adanya pembayaran uang cash," kata Novia.

Tak hanya itu saja, selama masa pandemi pihaknya juga punya program "Pesan Bayar Antar".

Baca juga: Siswa, Ini Bahan Alami Menghilangkan Jerawat

Jadi, pembeli bisa pesan barang lewat media sosial atau akun Instagram @gramedia_soloslametriyadi, kemudian bayar transfer dan barang akan diantar melalui jasa pengiriman.

Program Gramedia Sahabat Sekolah

Paket tas yang dijual dengan harga khusus di Gramedia Solo Slamet Riyadi, Minggu (19/6/2022).KOMPAS.com/ALBERTUS ADIT Paket tas yang dijual dengan harga khusus di Gramedia Solo Slamet Riyadi, Minggu (19/6/2022).

Menyambut tahun ajaran baru (TAB) 2022/2023, Gramedia Solo Slamet Riyadi juga punya program menarik yakni Gramedia Sahabat Sekolah. Ada harga khusus yang diberikan untuk kebutuhan siswa atau anak sekolah.

"Kami memberikan diskon untuk buku sekolah, atau penunjang kebutuhan belajar bagi anak sekolah. Bahkan ada paket untuk anak sekolah yang dijual dengan harga miring. Harganya mulai Rp 250 ribu," tutur Novia.

Paket itu isinya ialah tas sekolah, tas go green, buku, alat tulis, dan hand sanitizer. Dikatakan harga miring karena untuk tasnya sendiri harga normalnya Rp 300 ribu.

Tapi, harga diskon juga masih berlaku untuk tas sekolah lainnya serta berbagai alat penunjang belajar anak sekolah. Tentu hal ini dilakukan untuk menggaet lagi pengunjung Gramedia Solo Slamet Riyadi.

Tak heran jika kini pengunjung toko buku tersebut meningkat. Pada akhir pekan ada lebih dari 1.000 pengunjung setiap harinya. Sedang hari biasa berkisar 500-600 pengunjung.

Sedang pada event Solo Car Free Day (CFD) yang digelar setiap Minggu, pihaknya juga ikut andil dengan mengadakan pameran penjualan buku, peralatan penunjang sekolah dan lain-lain.

Baca juga: Sambut Tahun Ajaran Baru, Gramedia Beri Diskon 50 Persen Perlengkapan Sekolah

"Mumpung tahun ajaran baru, kami ingin optimalkan semua program yang ada. Jadi, target penjualan kami bisa kembali membaik dan pengunjung bisa nyaman datang lagi ke Gramedia Solo Slamet Riyadi," harapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com