Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rektor: UNJ Bidik "World Class University" lewat Subyek Pendidikan

Kompas.com - 18/06/2022, 21:00 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Negeri Jakarta membidik target menjadi World Class University atau Universitas Berkelas Dunia. Salah satu strategi yang ditempuh, ungkap Rektor UNJ Prof. Komarudin adalah pemeringkatan melalui subyek education and training.

Hal ini disampaikan Rektor UNJ di sela-sela acara Workshop Tata Kelola PPID UNJ yang berlangsung pada, Jumat 17 Juni 2022.

"Memang salah satu strategi paling mudah bagi kita adalah by subject. Subject-nya adalah education and training. Kalau itu, insyaallah, karena banyak dosen-dosen kita yang menjadi tenaga ahli, mengembangkan paket-paket pelatihan, dan bahkan menjadi trainernya," tegas Prof. Komarudin.

Prof. Komarudin menyampaikan, banyak dosen UNJ diminta memberikan training baik oleh Kementerian, sekolah, dan para pemangku kepentingan bidang pendidikan.

Rektor UNJ juga menyampaikan, pengembangan 11 Center of Excellence atau Pusat Unggulan Ipteks (PUI) juga menjadi bagian dari upaya UNJ untuk meningkatkan berbagai karya inovasi berbasis riset yang dapat bermanfaat bagi masyarakat dan dunia usaha menuju World Class University.

Pada 15 Juni 2022, UNJ meresmikan 11 Pusat Unggulan Iptek terdiri atas: Pusat Pengembangan Media Digital, Pusat Pengembangan E-Assesment, Pusat Pengembangan STEAM Education, serta Pusat Pengembangan Teknologi Pengolah Sampah.

Selain itu ada pula Pusat Pengembangan Material Maju; Pusat Pengembangan Robot Pembelajaran, Pusat Pengembangan Kosmetik, Pusat Pengembangan Teknologi Deteksi Bakteri Patogen, Pusat Pengembangan Teknologi Olahraga, Pusat Pengembangan Gizi Kesehatan Olahraga, serta Pusat Pengembangan Wisata Edukasi.

"Ini untuk kinerja dan inovasi-inovasi yang dapat dimanfaatkan untuk masyarakat, dunia industri, termasuk bidang pendidikan," tambah Prof. Komarudin.

Baca juga: Peringkat Melesat, 3 PTN Masuk Top 300 Dunia di QS WUR 2023

UNJ menuju PTN-BH

Dalam kesempatan sama, Rektor UNJ juga mengungkapkan saat ini UNJ dalam proses transformasi dari PTN-BLU (Badan Layanan Umum) menuju PTN-BH (Badan Hukum).

"UNJ telah mempersiapkan menjadi PTN-BH dengan membuat dokumen yang menjadi persyaratan PTN-BH sejak Desember tahun kemarin (2021), lalu bulan Maret (2022) kita diminta presentasi awal melalui Direktorat Kelembagaan Ditjen Dikti," papar Prof. Komarudin.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com