Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Dr. Drs. I Ketut  Suweca, M.Si
PNS dan Dosen Ilmu Komunikasi STAH Negeri Mpu Kuturan Singaraja

Pencinta dunia literasi

Mau Wujudkan Sekolah Berprestasi? Mulailah dari Perpustakaannya!

Kompas.com - 12/06/2022, 08:53 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

PENULIS boleh dibilang sebagai orang yang optimistis dengan penyataan yang menjadi judul artikel ini.

Penulis melihat bahwa cikal-bakal prestasi siswa, guru, dan sekolah pada umumnya, banyak dimulai dari perpustakaan sekolah.

Mengunjungi perpustakaan sekolah

Setelah mengunjungi sejumlah perpustakaan sekolah, penulis perhatikan bahwa rupanya ada korelasi positif antara perpustakaan sekolah dengan prestasi sekolah. Artinya, jika perpustakaannya dikelola dengan baik, maka prestasi sekolah juga baik.

Kendati bukan melalui penelitian yang serius, di lapangan penulis melihat korelasi positif itu.

Kalau dipikir-pikir logis dan benar juga hal itu, kendati harus diakui bahwa keberadaan perpustakaan sekolah yang dikelola dengan baik bukan satu-satunya variabel penentu kemajuan sekolah.

Bagaimana logikanya?

Sekolah-sekolah yang maju pesat dengan prestasi akademik yang menjulang, di dalamnya dapat dipastikan ada perpustakaan yang dikelola dengan baik. Itulah kenyataan yang penulis lihat di lapangan.

Begini logikanya. Perpustakaan merupakan tempat atau ruang untuk belajar dari buku dan koleksi lainnya. Di situ terdapat ribuan judul buku yang siap dibaca oleh para siswa.

Ada petugas pengelola perpustakaan yang memberikan layanan dengan baik. Mereka mengerjakan tugasnya dengan tulus, dengan senang hati, dan profesional.

Gedung atau ruang perpustakaan juga dibuat sedemikian rupa agar nyaman bagi pembaca. Tujuannya agar para guru dan siswa selalu ingin bertandang ke perpustakaan dan menikmati buku bacaan yang ada di situ.

Ruangannya tertata bersih dan apik, ada wifi, ber-AC, ada juga taman kecil dan indah di sekitarnya, memberi rasa nyaman bagi setiap pemustaka yang hadir.

Pengelola perpustakaan selalu mengupayakan agar perpustakaan yang dikelolanya selalu mengalami kemajuan dari waktu ke waktu.

Mereka -- para pengelola itu, senantiasa berkreasi dan berinovasi demi kemajuan perpustakaan yang menjadi tanggung jawabnya.

Tidak lupa mereka mengadakan berbagai event yang berkaitan dengan literasi dengan melibatkan para siswa dan guru. Tidak hanya siswa yang datang ke perpustakaan, para guru pun hadir.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com