Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Ajang Formula E Jakarta, Mahasiswa FT UGM Juara 1 Desain Kendaraan Listrik

Kompas.com - 10/06/2022, 09:19 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Tak hanya menyelenggarakan Formula E Jakarta, pihak penyelenggara juga mengadakan kompetisi desain kendaraan listrik untuk tingkat mahasiswa sebagai acara penyerta.

Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) dari Tim Arjuna EV UGM berhasil meraih Juara 1 Desain Kendaraan Listrik.

Tim Arjuna EV UGM sendiri adalah tim perkumpulan mahasiswa UGM yang berasal dari berbagai jurusan untuk bersama-sama melakukan riset, serta mengembangkan kendaraan bertenaga listrik di UGM.

Baca juga: Formula E Jakarta, Dosen UGM: Komitmen Wujudkan Zero Emission

Melansir laman Fakultas Teknik UGM, Kamis (9/6/2022), untuk ajang kompetisi desain kendaraan listrik Formula E Jakarta 2022, tim Arjuna EV UGM mengirimkan tim kecil beranggotakan empat orang mahasiswa, terdiri:

1. Rachmadi Norcahyo, S.T., M.T. sebagai dosen pembimbing

2. Thariq Faros Manumono (Teknik Mesin)

3. Leonard Fidelcristo Supit (Elektronika dan Instrumentasi)

4. Muhammad Raihan Hilmy (Teknik Mesin)

5. Dasta Muhammad Ghaly (Teknik Mesin)

Maksimalkan waktu dengan lembur

Menurut Thariq Faros Manumono selaku ketua tim untuk kompetisi desain kendaraan listrik Formula E Jakarta 2022, mereka hanya memiliki waktu yang sedikit untuk mengerjakan proposal.

Namun, karena dikerjakan lembur selama 1 minggu penuh setelah libur lebaran, akhirnya seluruh perjuangan tersebut terbayarkan dan bisa berhasil meraih Juara 1.

"Tentu saja kami sangat senang dan bangga atas pencapaian tersebut, namun tak lupa hal tersebut juga kami persembahkan untuk Tim Arjuna EV UGM yang selalu bekerja sama dalam 1 tim untuk memenangkan perlombaan ini," ujarnya dikutip dari laman FT UGM.

Baca juga: UGM Peringkat Ke-231 Versi QS WUR, di Indonesia Nomor 1

Pada kompetisi desain kendaraan listrik Formula E Jakarta 2022, tim perwakilan Arjuna EV UGM diketahui membawa desain kendaraan listrik yang diberi nama ARCANA.

Rupa kendaraan listrik ARCANA ini lebih kurang berbentuk mobil listrik bertipe SUV (Sport Utility vehicle) yang memiliki jarak tempuh tinggi dalam satu kali pengisian baterai.

Berharap bisa diproduksi massal

Turut diketahui, desain mobil listrik ARCANA ini juga dilengkapi oleh fitur Autonomous SAE Level 3 bernama Arjuna Smart Mobility (ASM), dimana dengan fitur tersebut mobil dapat berkendara secara otomatis di jalan raya.

Tidak kurang, desain mobil listrik ARCANA juga telah menganut tingkat keamanan berkendara yang tinggi baik secara mechanical maupun electrical sehingga menjamin kenyamanan selama berkendara.

"Pada perlombaan ini kami melakukan desain mobil secara penuh beserta simulasi menggunakan software, kami juga melakukan berbagai perhitungan dalam mendesain mobil ARCANA," terangnya.

Baca juga: Bau Sampah Hilang Pakai Cairan Buatan Mahasiswa UGM

"Tak lupa juga kami merencanakan business plan sehingga apabila nantinya mobil ARCANA akan diproduksi massal rencana secara bisnis sudah terkonsep," tandas Thoriq.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com