Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ukrida dan Yayasan Kalam Kudus Jalin Kolaborasi Pelatihan Guru dan Murid

Kompas.com - 09/06/2022, 20:57 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida) dengan Yayasan Kalam Kudus Indonesia (YKKI) Cabang Jakarta sepakat menjalin kerja sama untuk meningkatkan kompetensi guru dan siswa.

Seremoni penandatangan kerja sama memorandum of Understanding (MoU) dilakukan antara Rektor Ukrida Wani Devita Gunardi dan Ketua Badan Pengurus YKKI Cabang Jakarta Wimpi Salim, pada Rabu, 8 Juni 2022, di Ukrida Kampus I, Jakarta.

“Selama ini antara Ukrida dengan Yayasan Kalam Kudus Indonesia sudah terjalin kerja sama yang sangat erat, seperti magang mahasiswa, pelatihan untuk pengembangan kapasitas guru dan karyawan YKKI," ungkap Rektor Ukrida, Wani Devita Gunardi.

Dalam kesempatan sama, Ketua Badan Pengurus YKKI Cabang Jakarta, Wimpi Salim menyampaikan, hubungan kerja yang baik selama ini perlu untuk terus ditingkatkan.

“Tantangan dalam pengelolaan sekolah di lingkup YKKI yang jumlahnya cukup banyak dan mencakup area di seluruh Indonesia, akan sangat terbantu melalui adanya kerja sama dengan Ukrida," kata Ketua Badan Pengurus YKKI Cabang Jakarta.

Direktur Pelaksana YKKI Cabang Jakarta, Daniel Suyatno, memberikan apresiasi atas dukungan Ukrida kepada YKKI, khususnya melalui program mahasiswa magang.

Dalam diskusi yang dipandu Wakil Rektor I Ukrida Lidia Sandra terungkap, pelatihan SDM bagi para guru dan karyawan sekolah YKKI yang sangat dirasakan manfaatnya. Salah satunya disampaikan Sufie Hidia, Kepala SMA Kristen Kalam Kudus Green Garden, Jakarta Barat.

“Seminar-seminar maupun pelatihan telah diberikan oleh dosen Ukrida bagi guru-guru di sekolah kami. Adanya seminar dan pelatihan ini sangat membantu para guru dalam mengembangkan dirinya," ungkap Sufie Hidia.

"Harapan kami di Kalam Kudus bahwa pihak Ukrida juga dapat memfasilitasi siswa-siswa dalam mengembangkan wawasan dengan topik yang terkini," tambahnya.

Baca juga: Dukung Kampus Merdeka, UT Optimalkan Rekognisi Pembelajaran Lampau

Kampus Merdeka dan pendidikan budi pekerti

Menjawab hal tersebut, Ukrida berkomitmen mendukung pelatihan terhadap guru dan siswa, serta membuat program yang memang menjadi kebutuhan penyelenggaraan pendidikan di sekolah-sekolah Kalam Kudus.

Dekan setiap fakultas di Ukrida siap memberikan pelayanan bagi Yayasan Kalam Kudus Indonesia melalui kegiatan ekstrakurikuler sekolah maupun program lainnya, seperti peer counselling, pembuatan karya tulis ilmiah, pengenalan optometri, coding, robotic, english learning center, dan sebagainya.

YKKI Cabang Jakarta juga berharap agar Fakultas Psikologi Ukrida dapat turut serta untuk memberikan pencerahan bagi siswa SMA tentang penjurusan dan karier.

Ketua Badan Pengurus YKKI Cabang Jakarta didampingi Direktur Pelaksana YKKI Cabang Jakarta dan pimpinan lain, menekankan program jangka pendek yang perlu ditindaklanjuti, yaitu program magang mahasiswa Ukrida di sekolah-sekolah YKKI Cabang Jakarta.

Hal ini sejalan dengan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang wadah mahasiswa maupun tenaga pendidik untuk dapat menyalurkan kompetensi mereka di luar kampus, seperti halnya mahasiswa Ukrida yang magang di sekolah Kalam Kudus.

“Selain itu juga pelaksanaan training yang lebih terfokus, serta mengundang siswa-siswa sekolah Kalam Kudus untuk mengikuti webinar dari Ukrida”, demikian menurut Direktur Pelaksana YKKI Cabang Jakarta.

Ketua Badan Pengurus YKKI Cabang Jakarta menyampaikan bahwa keunggulan dan daya saing Ukrida semakin meyakinkan para siswa bahwa lulusan Ukrida akan cepat memperoleh pekerjaan karena Ukrida memiliki link ke Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI).

Baca juga: 4 Program Unggulan Kampus Merdeka Kemendikbud 2022, Mahasiswa Bersiap

Menutup diskusi, kedua belah pihak sepakat bahwa proses pendidikan harus berlangsung dengan tetap memerhatikan aspek budi pekerti siswa, yang dalam kerangka lebih luas dikenal sebagai softskills.

Budi pekerti dinilai penting dan perlu dibentuk untuk menjadikan seseorang menjadi pribadi yang unggul sejalan dengan misi Ukrida untuk menghasilkan generasi pemimpin perubahan sesuai motto Lead To Impact.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com