Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip 5 Kampus yang Punya Jurusan Event Management, Tertarik Daftar?

Kompas.com - 08/06/2022, 12:09 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bagi calon mahasiswa yang memiliki jiwa kreatif, suka berorganisasi dan beraktivityas di lapangan, ada jurusan yang cocok lho buat kamu.

Jurusan Event Management ini bisa kamu pilih untuk menyalurkan bakat yang dimiliki.

Bahkan jurusan ini juga termasuk jurusan yang unik dan langka di Indonesia. Pasalnya hanya beberapa kampus saja yang menyediakan jurusan ini.

Jika kamu tertarik kuliah di jurusan Event Management, akan mempelajari proses menyelenggarakan event mulai dari tahap ideation sampai dengan event tersebut terlaksana dengan baik.

Ilmu manajemen event juga membantu para pelaksana atau event organizer dalam melaksanakan tata kelola sumber daya manusia (SDM) serta pembagian tugas dengan jelas serta melakukan budgeting

Baca juga: Pakar UGM Sarankan Hal Ini untuk Cegah Penularan Cacar Monyet

Melansir dari laman Quipper Campus, Rabu (8/6/2022), ada beberapa kampus yang memiliki Jurusan Event Management di Indonesia.

Pilihan kampus jurusan Event Management di Indonesia

Berikut adalah beberapa pilihan kampus di Indonesia yang memiliki program studi (Prodi) Event Management.

1. Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung

Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung memiliki Jurusan Manajemen Konvensi dan Event untuk jenjang D4.

Jurusan ini menerapkan kurikulum yang diambil dari Event Management Body of Knowledge (EMBOK) yang mana itu merupakan acuan kurikulum yang telah digunakan oleh kebanyakan Prodi Event Management yang ada di dunia. Kurikulum ini juga sudah terintegrasi dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) untuk memudahkan lulusannya memasuki dunia profesional.

2. Politeknik Internasional Bali (PIB)

Dikenal sebagai obyek wisata favorit, pulau Bali juga mempunyai sejumlah kampus bidang pariwisata.

Salah satunya Politeknik Internasional Bali (PIB). Kampus ini memiliki program D4 Event Management dan merupakan salah satu Prodi Event Management terbaik di Indonesia.

Baca juga: Seleksi Mandiri S1 Unnes 2022: Cek Syarat dan Jadwal Lengkapnya

Kurikulum yang diajarkan di jurusan ini mendukung lulusannya untuk menjadi tenaga profesional dalam industri event maupun bidang MICE (Meeting, Incentives, Convention/Conference and Exhibition).

Selain itu, PIB juga memiliki sister company yang bergerak di bidang event dan sangat bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa PIB sebagai laboratorium event atau tempat magang, antara lain Puri Bhagawan, Taman Bhagawan, dan Jimbaran Hijau.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com