Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa FKIP Uhamka Masuk AD Scientific Index WSUR 2022

Kompas.com - 07/06/2022, 16:25 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Editor

KOMPAS.comMahasiswa Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (FKIP Uhamka) meraih AD Scientific Index Tahun 2022.

Danin Haqien adalah mahasiswa semester VI Pendidikan Sejarah FKIP Uhamka berhasil masuk dalam peringkat meraih AD Scientific Index Tahun 2022 berdasarkan World Scientist and University Rangkings 2022.

Sebagai informasi, AD Scientific Index adalah sistem analisis dan perankingan berdasarkan performa ilmiah, dan produktivitas para ilmuwan dalam berkarya di seluruh dunia.

Indeks tersebut dikembangkan oleh Prof. Murat Alper dan Prof. Cihan Doger dengan menggunakan total nilai i10 index (indeks yang menunjukkan jumlah karya ilmiah yang dihasilkan peneliti dan sudah disitasi minimal 10 kali), h-index (sistem perankingan untuk mengevaluasi dampak kumulatif dari performa dan hasil kajian seorang peneliti/ilmuwan), dan skor sitasi di Google Scholar selama lima tahun terakhir.

Berdasarkan World Scientist and University Rangkings 2022, Danin Haqien masuk dalam peringkat 8.348 dari 15.448 di Indonesia atau 146.935 dari 233.695 di Asia untuk kutipan jurnal ilmiah.

"Use of Zoom Meetings for the Learning Process during the Covid-19 Pandemic" (2020) merupakan penelitian Danin Haqien yang populer menjadi kutipan jurnal ilmiah (citation) untuk rumpun ilmu sosial dan budaya

Jadi motivasi mahasiswa lain

Harinaredi, Wakil Dekan III FKIP Uhamka memberikan apresiasi atas raihan AD Scientific Index Tahun 2022 World Scientist and University Rangkings 2022 yang diraih Danin Haqien.

Ia menyampaikan, capaian tersebut membuktikan bahwa FKIP Uhamka selalu berupaya menciptakan lulusan yang mampu menciptakan hasil yang bernilai tinggi melalui karya penelitian.

Baca juga: Undip Peringkat 1 Versi THE Datapoints Impact Award 2022

"Dengan hasil raihan pemeringkatan ini, maka semakin membuktikan visi Uhamka Propethic Teaching University yang mencerdaskan secara spiritual, intelektual, emosional, dan sosial untuk mewujudkan peradaban berkemajuan," tegas Harinaredi.

“FKIP Uhamka terus berupaya dalam membentuk lulusan yang berintegritas dan unggul dalam setiap aspek, salah satunya adalah karya ilmiah. Selamat kepada Danien Haqien atas AD Scientific Index Tahun 2022," ucapnya.

Harinaredi berharap raihan prestasi tersebut menjadi motivasi dan inspirasi bagi mahasiswa lainnya di FKIP.

Dalam kesempatan sama, Desvian Bandarsyah, Dekan FKIP Uhamka turut bangga akan keberhasilan dari Danien Haqien atas capaian yang diperoleh di bidang karya ilmiah.

“Saya turut bahagia akan keberhasilan yang datangnya dari Prodi Sejarah, mahasiswa bernama Danien Haqien memperoleh perankingan AD Scientific Index Tahun 2022," ungkapnya.

"Hal ini merupakan satu dari sekian banyak bukti nyata bahwa mahasiswa FKIP Uhamka bisa berprestasi di berbagai ajang. Sebenarnya, keberhasilan mahasiswa di lingkungan FKIP bukan hanya ini saja, melainkan masih banyak lagi," ujar Desvian.

Baca juga: PTS Ini Peringkat I PTMA untuk Pendanaan Penelitian Kemendikbud Ristek 2022

"Semoga tidak henti-hentinya dosen di lingkungan FKIP untuk membimbing begitupun mahasiswanya terus belajar agar raihan bisa didapatkan” pungkas Desvian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com