Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Hal yang Muncul di Soal Tes Psikologi, Catat Buat Bahan Belajar

Kompas.com - 04/06/2022, 09:07 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ketika ingin mendaftar ke suatu perguruan tinggi ataupun melamar pekerjaan, tes psikologi atau psikotes kerap menjadi salah satu tahapan yang mesti dilalui.

Psikotes dilakukan untuk mengukur dan memprediksi kinerja seseorang melalui kemampuan kognitif dan emosional yang dimiliki. Oleh karenanya, orang yang bahkan memiliki nilai akademik tinggi belum tentu bisa lolos dalam tes ini.

Psikolog Agnez Dessyana dan Steffira Anjani dari Kalbe Learning Centre berbagi tips menghadapi psikotes.

Baca juga: Agar Dilirik Perusahaan, Pastikan 3 Hal Ini Ada di CV atau Resume

Agnez dan Steffi mengungkapkan, sebelum melaksanakan psikotes ada tiga hal utama yang harus disiapkan, yakni fisik, mental, dan perlengkapan.

“Kita harus cukup istirahat, supaya bisa fokus saat mengerjakan karena akan menghadapi banyak soal dan perhatikan apa yang kalian makan hari sebelumnya. Jangan sampai memakan makanan yang bisa menyebabkan masalah saat menjalani tes,” Jelas Steffi, dilansir dari laman Unair saat mengisi webinar ketiga dalam serangkaian Career Buddy Program DPPKA Universitas Airlangga (Unair) x Jobhun.

Selain itu, Steffi juga menuturkan untuk rileks dan tidak stres saat akan menjalani tes dan memastikan semua perlengkapan yang dibutuhkan sudah siap.

Perlengkapan seperti alat tulis, transportasi, rute menuju lokasi tes juga harus disiapkan dengan baik karena para assessor juga akan menilai kandidat berdasarkan kesiapannya menjalani tes.

“Jika online, pastikan jaringannya stabil, perangkat lunak yang dibutuhkan kompatibel dan lingkungan kondusif sehingga tidak mengganggu konsentrasi kalian saat tes,” ungkapnya.

Baca juga: Tes UTBK SBMPTN Bisa Picu Stres, Psikolog Unpad Beri Saran

Steffi dan Agnez menjelaskan bahwa secara umum, psikotes mencakup soal untuk mengukur aspek kecerdasan, kepribadian dan sikap kerja seseorang. Mereka juga memberikan beberapa tips dalam menjawab soal psikotes supaya mendapatkan hasil yang maksimal, antara lain:

Aspek Kecerdasan

Tipe soal ini merupakan soal yang bisa dilatih. Oleh karena itu mereka menyarankan untuk memperbanyak melakukan latihan dan studi kasus.

Tipe soal yang diberikan umumnya menggunakan soal logika, numerik, dan analitik untuk mengukur kemampuan kognitif seseorang.

“Kalian bisa memanfaatkan platform game seperti sudoku, TTS atau permainan game logika menggunakan ponsel kalian. Selain itu kalian juga bisa belajar mengerjakan soal-soal yang ada,” terangnya.

Aspek Kepribadian

Soal kepribadian digunakan untuk menilai karakter seseorang melalui jawaban dari soal yang diberikan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com